Puncak HPSN 2021 Payakumbuh Selatan, Goro Massal di Panorama Ampangan.

by -

SEMANGATNEWS.COM – Panorama Ampangan menjadi tujuan utama masyarakat ampangan pagi ini, Rabu (10/3). Sekitar seratusan orang yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Harian Lepas (THL), unsur LPM, PKK, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perwakilan masyarakat se Kecamatan Payakumbuh Selatan adakan Gotong Royong (Goro) massal dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021.

Camat Payakumbuh Selatan L. Kefrinasdi, S.Sos dihubungi awak media mengatakan sebelum melaksanakan Goro dilakukan Senam Bersama sebagai pemanasan sekaligus menikmati indahnya Panorama Ampangan.

Menurutnya, sebenarnya HPSN diperingati setiap 21 Februari. Namun, karena kondisi Covid19 maka pelaksanaan peringatan dalam bentuk nyata dilapangan diantaranya Goro yang dilaksanakan hari ini, (kemarin, red).

Tujuan Goro HPSN yang dipusatkan di Panorama Ampangan ini bertujuan untuk mengajak seluruh pihak dalam mewujudkan kesamaan langkah dan bentuk kepedulian terhadap sampah.

“Sehingga, diharapkan momentum senam bersama dan Goro ini bisa menjadi katalis dan medium sinergi nasional untuk meningkatkan dampak positif dan peningkatan kualitas pemilahan sampah, yang dapat membantu perekonomian rakyat dari dampak Covid19”, kata Kefrinasdi camat yang rendah hati dimata masyarakat ini.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Payakumbuh Selatan Doni Saputra, S.Sos juga tampak hadir dalam Goro bersama tersebut.

Dikatakan Doni, Panorama Ampangan dijadikan pusat peringatan HPSN 2021 tingkat Payakumbuh Selatan sangatlah tepat pilihan Camat. Karena, Objek wisata Panorama Ampangan yang mudah dijangkau dari pusat Kota Payakumbuh mempunyai view indah. Akses kesana ditempuhi jalan mulus hingga nyaman bagi yang berkendara. Menikmati panorama bersama keluarga ataupun rekan dapat dilakukan sepanjang hari karena tempatnya berada di ketinggian.

Disamping itu, Panorama alam ini juga menjadi tujuan komunitas bersepeda, maraton ataupun tempat diskusi ringan bersama rekan kerja. Pada momen tertentu ada pertunjukan kesenian ataupun kebudayaan yang ramai dikunjungi.

Doni Saputra yang juga saat ini dipercaya sebagai Sekretaris di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemko Payakumbuh mengemukakan, peringatan HPSN bukan dalam bentuk senam bersama, Goro saja.

Tapi, juga dimanfaatkan untuk penanaman pohon. Begitu pentingnya menanam pohon untuk keberlangsungan hidupan manusia. Sebatang pohon akan memberikan banyak manfaat, menghasilkan oksigen, menyimpan air, buahnya untuk manusia dan burung burung, daun sejuk dan rindang, indah dipandang dan menyenangkan.

“Sekiranya kiamat akan terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit pohon maka hendaklah menanamnya sebagaimana Hadist Riwayat Imam Ahmad 3/183)”, tutur Doni. (ZZ/07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.