Putra Terbaik Sumbar Drs H Nasrul Abit Dt Malintang Panai Meninggal

by -
Mantan Wagub Sumbar, Nasrul Abit.
Mantan Wagub Sumbar, Nasrul Abit.

SEMANGATNEWS.COM- Satu lagi putra terbaik Sumbar dipanggil Sang Khalik, Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) periode 2016-2021 Drs. H. Nasrul Abit, MM meninggal dunia dalam usia 67 tahun.

Innalilahi wa inna ilaihi rojiun… Nasrul Abit yang kerap dipanggil Pak NA ini dirawat intensif di RSUP M Djamil, Kota Padang dalam seminggu ini.

Nasrul Abit yang bergelar adat Datuak Malintang Panai ini diinformasikan meninggal dunia di Ruang Tulip ICU Covid-19 RS M Djamil Padang pada Sabtu (28/8/2021) sekitar pukul 01.39 WIB.

Nasrul Abit merupakan mantan Wagub Sumbar periode 2016-2021 berdampingan dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Dalam gelaran Pilkada 2020, Pak NA maju sebagai Calon Gubernur Sumbar bersama Indra Catri, namun kalah suara dengan pesaingnya yang saat ini menjabat Gubernur Sumbar yaitu pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy.

Dikutip dari Pilarbangsa.com dan info yang dilansir oleh adik Pak NA yaitu Muchlis Yusuf Abit di berbagai WA Grup, rencananya jenazah Nasrul Abit akan dibawa Sabtu pagi ini ke Labuhan Tanjak, Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan untuk dimakamkan di area makam keluarga.

Nasrul Abit dilahirkan pada 24 Desember 1954. Sebelum menjadi Wakil Gubernur Sumbar, ia menjabat Bupati Pesisir Selatan dua periode yaitu 2005—2010 dan 2010-2015. Sebelumnya menjadi Wakil Bupati Pesisir Selatan periode 2000—2005 mendampingi Bupati Darizal Basir.

Pada 17 Juli 2017, Nasrul Abit menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sumbar. Dan sejak 11 Desember 2019, Nasrul Abit diangkat sebagai Ketua Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Sumbar.

Pasca diperolehnya kabar duka ini, grup WA, Facebook dan IG dipenuhi ucapan duka cita atas meninggalnya Nasrul Abit dari seluruh elemen masyarakat Sumatera Barat. Selamat jalan Pak NA, semoga syurga menanti mu. (zln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.