PWI Sumbar Apresiasi Rencana Pengusulan Tokoh Pers Nasional Adinegoro Pahlawan Nasional

by -

PWI Sumbar Apresiasi Rencana Pengusulan Tokoh Pers Nasional Adinegoro Pahlawan Nasional

SEMANGATNEWS.COM – Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Sumatera Barat akan mengusulkan tokoh Pers Djamaluddin Adinegoro asal Sawahlunto, Sumatera Barat menjadi Pahlawan Nasional.

Rencana pengusulan tokoh Sumbar yang bernama asli Jamaluddin Datuak Maradjo Sutan ini, mengemuka saat Audiensi Pengurus Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumbar dengan Pengurus PWI Sumbar, Senin (15/3/2021) di Sekretariat PWI Sumbar di Jl.Bagindo Aziz Chan Padang.

Kedatangan Pengurus MSI Sumbar dipimpin langsung Ketuanya, Dr Wannofri Samry, M.Hum didampingi Humas MSI, Emil Mahmud.

Sementara dari PWI Cabang Sumbar, terlihat Ketua PWI Heranof Firdaus, Ketua DKP Basril Basyar, Sekretaris Widya Navis dan sejumlah pengurus inti lainnya Zulnadi, Jayusdi Efendi, Rusdi Bais dan Alwi Karmena.

Audiensi dua organisasi beda profesi ini menyepakati membentuk tim bersama dalam pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.

“Kawan kawan dari MSI silahkan membentuk tim dan masukan kami dari PWI Sumbar, untuk melakukan kegiatan terkait pengusulan Pelopor Pers Indonesia ini,” kata Heranof

Pada prinsipnya, ujar Heranof, PWI sudah lama sekali berhasrat mengajukan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.

“Pada saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, teman teman dari PWI seluruh Indonesia sudah memunculkan wacana mengusulkan Adinegoro jadi Pahlawan Nasional,” papar Heranof.

Tetapi, lanjutnya, karena PWI tidak fokus mengurus usulan ini sehingga tidak jadi diproses.

Dengan adanya inisiatif MSI Sumbar ini, kata Heranof, maka PWI Sumbar akan memberikan dukungan kepada MSI untuk segera mewujudkannya.

Ketua MSI Sumbar, Dr Wannofri Samry menyampaikan inisiatif pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional dilatarbelakangi oleh kontribusinya terhadap perkembangan Pers nasional dan pembentukan Bahasa Indonesia.

“Adinegoro selain dikenal sebagai Tokoh Pers juga dikenal sebagai penggagas pembentukan EYD Bahasa Indonesia, selain juga sebagai tokoh pergerakan nasional,” ujar Dosen Sejarah Universitas Andalas (Unand) Padang ini.

Berkaitan dengan itu, Wannofri meminta PWI Sumbar bersama sama dengan MSI mewujudkan usulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.**we

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.