Rakor Pemko Payakumbuh Bersama DKP, Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

by -
IMG-20191120-WA0100

Rakor Pemko Payakumbuh Bersama DKP, Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Semangatnews, Payakumbuh – Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan (DKP) dengan tema “gerakan mendukung akses permodalan/keuangan mikro petani dalan mendukungpengembangan ketahanan pangan” di Hotel Bundo Kanduang, Rabu (20/11).

Kegiatan dibuka oleh Walikota yang diwakili staf ahli Syahril. Turut hadir Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita Riza Falepi, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat Yuwarsyah, Kepala Dinas Ketapang Edvidel Arda, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank BRI, dan Bank Nagari serta seluruh stakeholder terkait.

Dalam sambutannya, Walikota Payakumbuh menyebut berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dan ketersediaan bahan pangan melalui sektor pertanian. Melalui permodalan sebagai salah satu faktor pendukung penting dalam pengembangan ketahanan pangan sebuah daerah.

“Dewan ketahanan pangan dapat memberikan aksi nyata melalui koordinasi dan pengendalian dan pemeliharaan ketahanan pangan nasional dan daerah, kita yakin di Payakumbuh bisa merealisasikan hal tersebut secepatnya,” kata Syahril.

Disamping itu, pemerintah juga ingin agar petani dapat bantuan akses permodalan dari BUMN dan BUMD setempat, dimana DKP memberikan saran kepada OJK. Sehingga para petani kecil tidak lagi tertekan oleh jeratan rentenir.

“Untuk itu, perlu adanya rapat DKP bersama OJK dan lembaga keuangan seperti Bank BRI dan Bank Nagari hari ini, kita berharap semoga kedepan pemerintah dapat terus memfasilitasi petani kita agar ketersediaan bahan pahan terus dapat terjaga di Payakumbuh,” kata Syahril. (011)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.