Rakornas IV FKPT Berakhir : FKPT Sumbar Terbaik Nasional

by -
IMG-20191212-WA0080

Rakornas IV FKPT Berakhir : FKPT Sumbar Terbaik Nasional

Semangatnews, Jakarta – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera barat terpilih sebagai FKPT terbaik nasional untuk tahun 2019.

Pengumuman kemenangan Sumbar itu disampaikan oleh Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol Hamli tadi malam saat menutup secara resmi kegiatan Rakornas IV BNPT di hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Sementara FKPT Kalimantan Selatan dan FKPT Jawa Tengah terpilih sebagai terbaik II dan III.

Rakornas yang diikuti oleh 32 Provinsi itu berlangsung sejak 10 Desember lalu dengan menampilkan sejumlah narasumber yang intinya mengevaluasi seluruh kegiatan BNPT melalui FKPT di provinsi.

Deputi I BNPT Mayjen TNI Hendry P. Lubis dalam sambutannya yang dibacakan oleh Brigjen Hamil menyinggung soal pentingnya memperhatikan kearifan lokal di semua provinsi yang dipercaya berpotensi besar mengerem laju tumbuhnya paham radikalisme yang dapat memicu terorisme.

“Kita harap para pengurus FKPT di semua provinsi dapat bahu membahu dengan pemerintah daerah dalam memperkuat daya tangkal masyarakat terhadap radikalisme,” kata Hendry.

Sepanjang 2019, BNPT melalui FKPT kata Deputi I BNPT itu telah memberikan pencerahan tentang bahaya radikalisme terhadap 33 ribu warga dari berbagai kalangan.

Kegiatan sosialisasi itu dilakukan melalui lima bidang yang ada dalam FKPT antara lain Bidang Agama, Bidang Pemuda dan Perempuan, Bidang Sosial Budaya, Bidang Media dan Bidang penelitian.

“Jumlah 33 ribu itu masih jauh dari sasaran yang hendak dicapai dari 267juta penduduk. Tetapi kita yakin dari waktu ke waktu kesadaran akan pentingnya menjaga kedamaian dan sikap toleransi sesama anak bangsa akan membuat daya tangkal masyarakat akan membaik,” kata mantan petinggi Koppasus itu.

Sementara itu Kasubdit Pemberdayaan masyarakat BNPT, DR. Andi Intang Dukung menyebutkan bahwa dalam tahun tahun ke depan pola dan sistem sosialisasi juga akan ditingkatkan kualitas dan intensitasnya. “Termasuk juga kelompok sasaran juga akan diperluas. Jika sekarang FKPT masih ditugasi untuk melakukan program program pencegahan melalui kegiatan deradikalisasi, pada tahun mendatang akan mulai pula melakukan pencegahan melalui program kontranarasi dan kontrapropaganda terutama untuk menghadang lajunya persebaran paham radikalisme melalui media sosial,” ujar Andi Intang Dulung.

Sementara Ketua FKPT Sumatera Barat DR. Zaim Rais menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak di Sumatera Barat yang sudah mendukung program FKPT hingga mengantarkan FKPT Sumatera Barat menjadi yang terbaik di tingkat nasional. “Masih banyak yang harus kita benahi di daerah, terutama belum terjangkaunya sosialisasi ke kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Kita harap juga Pemerintah Provinsi juga berkenan memberi dukungan anggaran untuk memperluas sosialisasi bahaya radikalisme, ” ujar Zaim Rais.

Delegasi FKPT Sumatera Barat ke Rakornas selain Zaim Rais antara lain Kabid Media, Eko Yanche Edrie, Kabid Agama Agus Rianto, Kabid Pemuda Abdul Salam dan Sekretaris FKPT Arsland.

Usai Rakornas, FKPT Sumbar melanjutkan kegiatan untuk melihat dan membandingkan harmonisasi dalam kehidupan multikultural dan multietnis di Yogyakarta dan Solo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.