Ratusan Siswa SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang Ikuti UKK dengan Protokol Kesehatan Covid-19

by -

SEMANGATNEWS.COM – Dua ratus tujuh puluh sembilan siswa SMKN 4 (SSRI/SMSR) Padang dari tujuh jurusan yang ada di sekolah sejak 29 Maret lalu hingga 10 April 2021 ini mengikuti UKK (Uji Kompetensi Keahlian) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di masing-masing jurusan.

Dari jumlah tersebut diantaranya jurusan seni lukis 29 siswa yang dibagi dua sesi, karena persesi hanya diperbolehkan mengikuti UKK sebanyak 15 siswa mengacu pada protokoler kesehatan. Ketujuh tersebut diantaranya seni lukis 29 siswa, seni patung 6 siswa, animasi 22 siswa, desain interior dan teknik furniture 48 siswa, kiya kreatif batik dan tekstil 50 siswa, 53 Desain Komunikasi Visual dan 52 Multimedia. Kesemua peserta UKK dalam pelaksanaannya diatur sesuai mekanisme dan prosedur UKK pada musim covid.19.

Hal itu disampaikan Kepala SMKN 4 Padang, Taharuddin, S.Pd, MM didampingi Waka Kurikulum, Belira Verian, S.Pd ketika menjawab pertanyaan semangatmews.com di ruang kerja kepala sekolah, Kamis (08/04/21).

siswa SMKN 4 Padang sedang praktek membatik

Menurut Taharuddin, sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan No. 1 tahun 2021 dalam darurat covid. 19 point 5 perihal Uji Kompetensi Keahlian merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) dan 3 (tiga) pada KKNI (Kerangka Kualifikasi  Nasional Indonesia).

Bedanya dengan UKK sebelum Covid. 19 hanya terletak pada pembatasan jumlah peserta yang hanya diperbolehkan 15 siswa persesi. Jika jumlah peserta masing-masing jurusan melebihi 15 siswa maka pihak panitia pelaksana membaginya persesi, agar protokoler kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker tetap terjaga dengan baik, ujar Taharuddin lagi.

salah satu karya lukisan siswa

Sementara Waka kurikulum, Belira Verian, menyebutkan, sesuai pelaksanaan UKK bagi SMK, dalam sistim pengawasan  selama UKK berlangsung di tujuh jurusan yang ada di SMKN 4 Padang, sistim pengawasannya di datangkan dari luar yang diesbut pengawas eksternal dari pihak sekolah pengawas internal masing-masing jurusan. Pengawas eksternal diantaranya terdapat dari jurusan seni rupa UNP Padang, Dunia Usaha/Dunia Industri serta kalangan profesional yang selama kegiatan UKK berlangsung di dampingi panitia UKK, jelas Belira Verian lagi.

Sejumlah siswa yang ditanya perihal UKK ini, menyebutkan merasa senang sekali mengikuti UKK dengan berpedoman pada protokoler Covid, 19, karena ada keterbatasan peserta dan lebih konsentrasi menghadapi ujian dalam beberapa hari mulai dari proses merancang desain/sketsa, proses berkarya hingga finishing, ujar Yoga Panjaya mewakili peserta UKK dari jurusan seni lukis memberi keterangan. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.