Resmi jadi Kepala BIN, Budi Gunawan: Mohon Jangan Dipolitisasi

oleh -
Komjen Pol Budi Gunawan resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BIN, Jumat (9/9/2016) di Istana Negara. | istimewa

HALONUSA – Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Setelah dilantik, dia meminta masyarakat agar pengangkatan dirinya sebagai Kepala BIN tidak dipolitisasi.

“Mohon jangan dipolitisasi. Semua juga tahu, Bapak Presiden mempunyai pertimbangan yang matang dalam memutuskan sesuatu,” kata Budi Gunawan di Istana Negara Jakarta, Jumat (9/09/2016).

Pernyataan Budi Gunawan itu menanggapi pertanyaan wartawan tentang keterkaitan pengangkatannya sebagai Kepala BIN denganpenyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Budi Gunawan mengaku siap menjalankan tugas barunya dengan profesional. Menurutnya, banyak tantangan yang akan dihadapi Indonesia di masa mendatang.

“Ancaman sudah bergeser, banyak berkaitan dengan globalisasi, energi, pangan, dan lain-lain itu perlu diidentifikasi. Mohon doanya,” ujar dia.

Sementara, saat disinggung soal kedekatannya dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, ia hanya menjawab santai. “Banyak yang dekat dengan Bu Mega, bukan hanya saya,” katanya. (edt)