Selamat Jalan Pak Harmoko, Yang Selalu ” Menang Banyak”; Catatan Ilham Bintang

oleh -

Harmoko sendiri
terpilih sebagai Ketua DPR/ MPR-RI. Ketika krisis multidimensi menimpa Indonesia ( Mei 1998) yang mendorong mahasiswa turun ke jalan menuntut reformasi, Harmoko bikin kejutan.
Dia pula dalam posisi sebagai Ketua DPR-RI yang meminta Pak Harto lengser. Perubahan sikap itu yang membuatnya selamat dari amukan gerakan reformasi. Ia dianggap ikut berjasa menurunkan Pak Harto. Tapi Golkar sempat diamuk massa, yang menuntut pembubarannya. Dianggap biang keladi kerusakan bangsa Indonesia. Sarang praktek KKN rezim Orde Baru.
Pasca reformasi, Harmoko kembali ke habitatnya sebagai wartawan. Mengisi hari-harinya dengan menulis secara teratur mengisi rubrik tetapnya
” Kopi pagi” di Harian “Pos Kota”. Semasa hidup almarhum telah menulis beberapa buku. Antaranya, ” Zaman Edan”, dan Nasihat Harmoko Untuk Anak-Anak dan Cucu-Cucu”

Baca Juga:  Menguak Tiga Keputusan Penting Dalam Rapat Anggota Forum Pemimpin Redaksi

Wartawan yang terkenal ulet dan ligat ini lima tahun terakhir memang menghadapi masalah kesehatan yang serius. Penyakit itu menghambat aktifitasnya.

Minggu (4/7) malam pukul 20.15 WIB datang berita duka itu : Harmoko dipanggil menghadap Ilahi Rabbi. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD, Gatot Subroto Jakarta. Harmoko wafat dalam usia 82 tahun, meninggalkan seorang istri, tiga anak dan 9 cucu. Harmoko lahir di Nganjuk Jawa Timur, 7 Februari 1939. Wartawan sukses ini mengawali karir dunia jurnalistik dari bawah sekali. Ia pertama kali bekerja sebagai wartawan di Harian Angkatan Bersenjata (1965). Setelah itu bersama kawan-kawannya menerbitkan Harian Pos Kota ( 1970) yang fenomenal. Harian Pos Kota, salah satu dari sedikit surat kabar yang dalam kurun lama menikmati kelezatan industri pers Indonesia. Kesuksesan itulah yang mengantar Harmoko ke percaturan politik level Nasional. Berkaca pada sukses Harmoko, itu semakin menguatkan kata pepatah hanya yang bekerja keras berhak atas sukses. Banyak kawannya mengetahui Harmoko muda memang pekerja keras, rajin dan tekun jika mengerjakan sesuatu. Dan, pantang menyerah.

No More Posts Available.

No more pages to load.