Selamatkan Warga Dengan Wakaf: Optimisme Ditengah Pandemi

oleh -

Selamatkan Bangsa dengan Wakaf: Optimisme di Tengah Pandemi

Semangatnews, Padang – ACT menggelar Waqf Business Forum 2020: Selamatkan Bangsa dengan Wakaf, Sabtu (29/8). Acara ini membahas seputar bagaimana wakaf dapat menopang suatu peradaban dan menjadi salah satu cara terbaik untuk membangkitkan perekonomian di tengah pandemi. Selain dihadiri tokoh agama, Waqf Business Forum juga dihadiri para pelaku bisnis yang telah konsisten dalam berwakaf.

 

Lewat dana wakaf yang terkumpul saat ini, Global Wakaf – ACT membangun aset-aset yang bermanfaat untuk umat. Hal tersebut diungkapkan oleh Ahyudin selaku Presiden Global Islamic Philanthropy (GIP). Ia mencontohkan melalui Lumbung Beras Wakaf (LBW), dana wakaf tersebut digunakan untuk membangun infrastruktur pertanian sedemikian rupa dan pembiayaan UMKM sehingga hasilnya murni digunakan untuk membangun kembali perekonomian.

 

“Bencana begitu ramainya terjadi, namun saat ini bencana kemiskinan adalah bencana yang terbesar yang kita rasakan di tengah pandemi. Jihad akhir zaman adalah membebaskan umat dari kemiskinan. Dan kita tahu bahwa pekerjaan membangun peradaban adalah tidak mudah. Sehingga, diperlukan energi dan dukungan yang besar,” ungkap Ahyudin dalam diskusi tersebut.

 

Dalam diskusi ini ditekankan pula terkait manfaat dan keutamaan wakaf sebagai amal ibadah yang tak terputus. Wakaf termasuk amal ibadah yang istimewa bagi kaum muslim. Hal ini karena pahala amalan wakaf bukan hanya dipetik ketika wakif masih hidup, namun juga tetap mengalir meskipun wakif telah meninggal dunia. Semakin banyak orang yang memanfaatkannya, maka semakin bertambah pula pahalanya.

 

Dalam forum ini, juga dibahas bagaimana Sulaiman Al Rajhi, salah satu orang terkaya di dunia, pendiri Bank Syariah terbesar di dunia yang mewakafkan seluruh hartanya sebagai bentuk kecintaannya kepada Allah dan tujuannya ingin menggerakan peradaban Islam. Ia menjadi contoh konglomerat dunia yang terus berjuang memperbesar kekuatan umat dari sisi ekonomi. Semangat kedermawanan inilah yang ingin terus digaungkan di Indonesia.