Semarak Hari Bakti Rimbawan di Sumbar; Mangrove dan Taxus Tanaman Andalan

oleh -

Semarak Hari Bakti Rimbawan di Sumbar; Mangrove dan Taxus Tanaman Andalan

SEMANGATNEWS.COM – Semarakan peringatan Hari bakti Rimbawan Tahun 2021, di Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kehutanan Sumbar selain melaksanakan penanaman pohon Mangrove di Pantai Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang juga berdiskusi tentang pengembangan tanaman Taxus Sumatrana. Sekaligus, melakukan penanaman bibit Taxus di puncak Gunung Singgalang.

Baca Juga:  Hari Ini Tanah Datar Terkonfirmasi Covid Tiga Orang Sembuh Dua

Kepala Dishut Sumbar, Yozarwardi, S.Hut.Msi kepada media ini, Selasa (23/3/2021) mengatakan, Hari bakti Rimbawan merupakan momen yang dapat membangkitkan semangat, inspirasi, inovasi, dan motivasi kerja di bidang kehutanan.

Untuk itu pada 16 Maret 2021, bertepatan dengan Hari bakti Rimbawan ke-38, Rimbawan Sumbar melaksanakan penanaman pohon Mangrove. Bertempat di Pantai Pasir Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Seribu pohon mangrove jenis Rhizophora sp ditanam di lokasi itu.

Baca Juga:  Wali Kota Riza Falepi Kecam Keras Bom Bunuh Diri Terorisme Di Makassar

Mengapa memilih Pantai Pasir Jambak, dikatakan Yozarwardi, karena lokasinya yang cukup indah dan punya prospek untuk dikembangkan nantinya menjadi ekowisata.

“Menanam penting, namun memelihara pohon setelah ditanam lebih penting lagi. Oleh karena itu kolaborasi dengan Forum DAS Kota Padang, Pokmaswas Pasir Jambak dan BPDAS HL Agam Kuantan perlu dilakukan, untuk memastikan keberlanjutan hidup pohon Rhizophora yang ditanam,” terangnya.

Baca Juga:  Dua Ambulance Puskesmas di Tanjung Raya, Agam, Rusak Akibat Badai dan Hujan Deras

Sementara itu disela-sela penanaman binca ringan Yozarwardi juga terjadi dengan anak muda Pati Hariyose Ketua Pokmaswas, Prof Isril Berd, Ketua Forum DAS Kota Padang dan Dr. Nursidah, Kepala BPDAS HL Agam Kuantan.