Seniman Sumbar Usulkan Museum Kaligrafi Islam Bagian Masjid Raja Salman

by -
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menerima usulan dan masukan seniman kaligrafi Islam dalam bentuk proposal yang disampaikan kurator seni rupa Muharyadi sekaitan rencana pembangunan Mesjid Agung Raja Salman di Sawah Kareh, Pakan Sinayan, Payakumbuh Sabtu Sore (5/2/22)

SEMANGATNEWS.COM – Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi, mengrapresiasi serta menyambut baik gagasan dimasukannya museum lukisan kaligrafi Islam Indonesia dari bagian rencana pembangunan Mesjid Agung Raja Salman di Sawah Kareh, Pakan Sinayan, Payakumbuh. Keinginan seniman kaligrafi Islam Indonesia untuk memiliki tempat atau wadah guna dapat memelihara warisan budaya melalui seni kaligrafi Islam dalam bentuk museum kaligrafi Islam, mungkin baru pertama ada di Indonesia yang menjadi amanah dan perhatian kita bersama untuk ditindak lanjuti.

Hal itu disampaikan Riza Falepi saat menerima audiensi kurator seni rupa, Muharyadi didampingi salah seorang sepuh kaligrafi Islam Indonesia, Amir Syarif mewakili masukan dari puluhan seniman kaligrafi Islam Indonesia, di kediaman Wali Kota Payakumbuh, Jalan Rangkayo Rasuna Said, Sabtu sore (5/2/22).

Insya Allah dalam waktu dekat. masukan dan dukungan tertulis yang di kemas dalam bentuk proposal dan nama-nama puluhan seniman kaligrafi Islam ini segera kita sampaikan kepada pihak perencana pembangunan Mesjid Agung Raja Salman dan OPD terkait, ujar Riza Falepi.

Sementara ditempat yang sama Amir Syarif seniman sepuh berusia 83 tahun itu menyebutkan, ia merupakan salah seorang dari sedikitnya 114 seniman lukis kaligrafi Islam Indonesia yang turut memberi dukungan terhadap gagasan pentingnya dibangun museum kaligrafi Islam sejalan pembangunan Mesjid Agung Salman di Payakumbuh.

Dari sejumlah nama-nama pengusul tersebut terdapat nama sang maestro seniman kaligrafi Islam dan juga tokoh penting Departemen Seni Rupa dan Desain ITB Bandung, Prof. AD. Pirous, Dr. KH. Didin Sirajuddin AR. M.Ag, Syaiful Adnan dan banyak lagi, ujar Amir Suarif menambahkan.

Kurator seni rupa Muharyadi, yang merumuskan pentingnya museum kaligrafi Islam nasional bersama Direktur Islamic Art Exhibition, Jakarta M. Arif Syukur yang tertuang dalam bentuk proposal itu menyebutkan, sepanjang sejarah peradaban di Indonesia sudah banyak museum yang berdiri di berbagai daerah dan provinsi di tanah air.

Tetapi museum yang merepresentasikan secara khusus seni kaligrafi Islam hampir tidak ada di Indonesia. Jika ada. didalamnya hanya terdapat koleksi benda-benda warisan khazanah keIslaman Indonesia, seperti di museum Istiqlal Bayt Al-quran di Taman Mini Indonesia Indah yang tidak spesifik mengoleksi karya seni kaligrafi Islam dan lebih bersifat komplementer. Sementara museum seni kaligrafi Islam belum menjadi bagian yang dianggap penting, ujar Muharyadi memberi ilustrasi.

Karena itu, jika museum ini terwujud, kehadirannya tidak hanya sekedar tempat atau gudang menyimpan benda-benda antik (karya para maestro kaligrafer), melainkan dapat menjadi gudang ilmu pengetahuan, dokumentasi sejarah. gudang kebudayaan dan peradaban umat manusia, serta obyek wisata religi bagi generasi hari ini dan masa datang, terutama bagi umat Islam, ujar Muharyadi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh, Doni Saputra saat mendampingi Wali Kota Payakumbuh, menyebutkan, sekaitan kedatangan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syeikh Essam Abed Al-Thaqafi beserta Wakil Duta Besar Arab Saudi Yahya Al Qhatani saat meninjau lokasi pembangunan Masjid Agung King Salman minggu (30/01) lalu, berjanji menyampaikan permohonan masyarakat Payakumbuh untuk membangun Masjid Agung kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Masyarakat Payakumbuh sangat berhak untuk memiliki masjid yang besar, Insya Allah kita di kedutaan akan menjadi penyambung lidah dari harapan masyarakat Payakumbuh,” ujar Doni Saputra mengutip Dubes Arab Saudi Syeikh Essam Abed Al-Thaqafi mengakhiri. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.