Shalat ID di Poliko Hadirkan Khatib Termuda Se-Indonesia

by -
FB_IMG_1565008850391

Shalat ID di Poliko Hadirkan Khatib Termuda Se-Indonesia

Semangatnews, Payakumbuh – Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar rapat persiapan pelaksanaan shalat Idul Adha tingkat kota yang direncanakan akan berlangsung di halaman Kantor Balaikota, eks. Lapangan Poliko Jl. Veteran No. 70 Kelurahan Kapalo Koto Dibalai pada Minggu (11/8) mendatang.

Rapat dipimpin Walikota Payakumbuh diwakili Staf Ahli Syahril dan Ruslayetti dan dihadiri Kakan Kemenag Kota Payakumbuh Jufrimal, Kabag Kesra Ul Fakri, Ketua PHBI, perwakilan dari Polres Payakumbuh serta pimpinan sejumlah perangkat daerah terkait.

“Berkaca kepada pelaksanaan shalat Idul Fitri tingkat kota kemarin yang dinilai cukup sukses, saya kira kita tinggal mengulangi saja apa-apa yang perlu kita persiapkan dan kerjakan nantinya,” ujar Staf Ahli Syahril membuka rapat.

Lokasi pelaksanaan shalat Id menjadi pembahasan pertama yang dibahas, hal ini menyusul adanya pekerjaan fisik pembuatan drainase tepat di halaman Kantor Balaikota. Kondisi tersebut sempat memunculkan wacana untuk memindahkan lokasi pelaksanaan shalat.

“Alhamdulillah, barusan informasi dari Dinas PUPR bahwa pekerjaan tersebut bisa diselesaikan menjelang Hari-H pelaksanaan shalat Id, jadi untuk tempat tidak ada masalah,” ujar Kasubbag Kesra, Wirman dihadapan peserta rapat.

Lokasi parkir juga menjadi sorotan peserta rapat mengingat seluruh lahan halaman balaikota sudah dimanfaatkan sebagai tempat shalat. Panitia akan mengantisipasi dengan memberlakukan kebijakan satu arah.

“Untuk rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan shalat Id, kita akan berlakukan satu arah jalan. Semua kendaraan masuk dari arah simpang Masjid Ansharullah Muhammadiyah menuju Poliko dan tidak dibenarkan masuk dari arah Simpang Kasda dan Simpang Bunian,” ujar Kabid Lalin Dishub, Hidayatur Rusyda.

Sejumlah sarana prasarana, seperti lokasi berwudhuk dan tikar shalat akan dipersiapkan panitia. Untuk lokasi berwudhuk bisa memanfaatkan fasilitas di lantai 1 (satu) Balaikota, mushalla dan juga mobil tangki PDAM.

“Kita juga tengah mengupayakan menyediakan tikar shalat yang bisa menutupi seluruh area, jadi bagi jamaah yang lupa bawa sajadah tidak masalah,” ujar Kabag Kesra Ul Fakhri.

Adapun yang akan bertindak selaku khatib Id adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang juga tercarat sebagai Rektor termuda se-Indonesia, Dr. Riki Saputra, MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.