Silek Camp Festival Montain Singgalang, Zuldafri : Silek Wadah Positif Mesti Dilestarikan

by -

Silek Camp Festival Montain Singgalang, Zuldafri : Silek Wadah Positif Mesti Dilestarikan

Semangatnews, Tanah Datar – Silek (Silat) merupakan seni beladiri asli Minangkabau yang sudah ada semenjak zaman dahulu dan diwariskan turun temurun. Tentu dengan adanya Silek Camp Festival Mountain Singgalang 2020, Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya kita.

“Di samping pelestarian budaya dan tradisi, Silek Camp Festival juga bisa menjadi wadah positif bagi generasi muda kita untuk terhindar dari kegiatan sosial negatif, seperti narkoba, LGBT, pergaulan bebas dan lainnya,” kata Wakil Bupati Zuldafri Darma saat membuka kegiatan itu di Lapangan Bola Kaki Gantiang Nagari Singgalang Kecamatan X Koto, Sabtu, (7/03/2020).

Kemudian juga, tambah Wabup Zuldafri Darma, diharapkan tercipta generasi muda yang sehat dan tangguh serta beriman kepada Allah SWT. “Karena tradisi Silek mempunyai banyak manfaat, mari kita lestarikan dan dukung kegiatan di Singgalang ini, semoga selanjutnya ada nagari lain di Tanah Datar lakukan kegiatan serupa,” ujar Wabup.

Sekaitan pemberian gelar kehormatan Pandeka Rajo Nan Sati kepada Kapolres Padang Panjang AKBP. Sugeng Haryadi yang diberikan Tengku Irwansyah Dt. Katumangguangan Pucuak Bulek Alam Minangkabau, Wabup menyampaikan apresiasi.

“Selamat kepada pak Sugeng Haryadi. Tentunya, setelah pemberian gala (gelar) ini semakin meningkatkan kekerabatan dan kekeluargaan kita, karena dengan sendirinya pak Kapolres sudah menjadi bagian masyarakat Minangkabau, khususnya Nagari Singgalang ini,” tukas Wabup.

Sementara itu pelaksana kegiatan R. Sutan Panghulu menyampaikan, pelaksanaan Silek Camp Festival dilaksanakan dari 7 sampai 8 Maret 2020 yang rencananya akan diikuti 300 orang. “Silek Camp Festival ini baru pertama dilaksanakan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan seni tradisi silek bagi generasi muda kita, khususnya di nagari Singgalang,” ujarnya.

Di samping itu tambahnya, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan bisa mempromosikan potensi wisata di nagari Singgalang. “Kita mempunyai potensi wisata seperti Batang Aie Duo yang aliran airnya menuju air terjun Lembah Anai, kemudian puncak Sikadunduang yang dinamakan puncak negeri atas awan dan banyak lainnya,” ujar R Sutan Panghulu.

Sementara itu Kapolres Padang Panjang AKBP. Sugeng Haryadi yang dianugerahi Gala Pandeka Rajo Nan Sati menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. “Saya bersama keluarga merasa tersanjung dan berterima kasih atas gelar yang diberikan, semoga saya bisa emban amanah ini, namun tentunya petunjuk dan bimbingan ninik mamak semua,” katanya.

Dalam acara yang dihadiri anggota DPRD, Camat X Koto, Wali Nagari, Wali Jorong, ninik mamak dan undangan lainnya itu dilakukan prosesi mandarahi galanggang, mamancang galanggang oleh tuo Silek Tigo Luak dan mancak galanggang oleh sasaran Silek Harimau Tungga Singgalang. (rel/smgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.