SMKN 4 Padang, Dapat Lahirkan Seniman dan Pengusaha Industri Kreatif

oleh -

SMKN 4 Padang, Dapat Lahirkan Seniman dan Pengusaha Industri Kreatif

Semangatnews.com. Padang – Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumatra Barat mendukung dan mengapresiasi kegiatan demontrasi melukis tokoh publik, demontrasi mematung, demontrasi mendesain, membatik, mendekor dan beberapa kegiatan relevan yang akan digelar dalam rangkaian peringatan HUT ke 54 SSRI/SMSR (SMKN 4) Padang 23 s.d 25 September 2019 mendatang di arena Kampus SMKN 4 Padang, Cangkeh, Lubuk Begalung, Padang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Sumatera Barat, Ir. Zirma Yusri, saat menerima utusan pimpinan sekolah dan panitia HUT ke 54 SSRI/SMSR (SMKN 4) Padang, di ruang kerjanya, Selasa (10/9/2019).

Menurut Zirma Yusri, dunia seni dan kelompok industri kreatif di Sumatera Barat perlu didorong dan ditumbuh kembangkan secara dinamis dan berkelanjutan melalui tangan-tangan terampil dan kreatif guna melahirkan karya-karya terbaik yang kini menjadi primadona bahkan kekuatan di banyak provinsi di tanah air.

Sebagai sekolah berbasis seni dan budaya serta industri kreatif, kita berharap lulusan SMKN 4 Padang bahkan keluarga besarnya seperti alumni sekolah yang tersebar di pelosok tanah air menjadi kekuatan baru sektor pembangunan seni dan industri kreatif yang dapat bersinggungan langsung baik dari aspek kebudayaan, pariwisata bahkan Koperasi dan UMKM provinsi Sumatera Barat.

Pihaknya juga mendorong penuh jika di sentra-sentra pariwisata Sumbar didirikan tempat-tempat dipajangnya karya-karya seni dan industri kreatif terbaik yang dihasilkan SMKN 4 Padang untuk dipasarkan sebagai produk unggulan daerah, satu diantaranya mungkin di obyek pulau Mandeh yang kini mulai dilirik wisatawan dan di tempat-tempat strategis lainnya, ujar Zirma Yusri memberi contoh.

Sementara ketua umum HUT ke 54 SSRI/SMSR (SMKN 4 Padang), Zardi Syahrir, SH, MM yang juga alumni SMSR Negeri Padang jurusan seni lukis tahun 1988 dihadapan Kadis Koperasi dan UMKM Sumbar itu, menyampaikan panitia dan pihak sekolah berkeinginan pihak Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar dapat memfasilitasi lulusan SMKN 4 Padang bahkan para alumninya yang memiliki usaha atau kegiatan seni dan industri kreatif untuk dapat dibantu baik dalam aspek manajemen, pemasaran bahkan permodalan.

Secara umum siswa SMKN 4 Padang bahkan saat masih bernama SSRI/SMSR Padang dulu rata-rata kemampuan orang tua mereka kelas menengah kebawah, sehingga mereka sulit untuk mengembangkan diri dan bereksplorasi dalam melahirkan karya seni dan industri terbaik.

Bahkan untuk menempuh kantor-kantor seperti Koperasi dan UMKM ini salah satu misalnya, mereka merasa risih bahkan malu, karena mungkin mereka menganggap dirinya meminta-minta atau merengek untuk dibantu, ujar Zardi Syahrir.

Sekretaris umum HUT ke 54 SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang, Muharyadi, seniman dan kurator seni rupa di dampingi Yasrul Sami B, panitia yang juga alumni SMSR Padang 1992 kini menjadi dosen di jurusan seni rupa UNP Padang, memaparkan, pada kegiatan ulang tahun sekolah ke 54 kali ini pihak sekolah bekerjasama dengan berbagai pihak dan alumninya sendiri membuat sejumlah agenda menarik, baik untuk kepentingan sekolah, masyarakat, publik seni dan industri kreatif, pemerintah daerah, pelaku usaha dan lainnya seperti pameran koleksi karya-karya terbaik milik sekolah.

Ada demontrasi melukis tokoh-tokoh publik, demontrasi membatik dan seni kriya, demontrasi mematung, demontrasi mendisain, demontrasi memotret dan animasi sesuai 7 jurusan yang ada di sekolah yang cuma ada satu di Sumatera dan tiga di Indonesia ini, ujar Muharyadi memberi penjelasan. (FR).