Status Covid-19 Kota Gunungsitoli Sumut Kembali Zona Merah

by -
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Fernando Zhiminaicela-pixabay.com)
Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Fernando Zhiminaicela-pixabay.com)

SEMANGATNEWS.COM –Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara kembali ke status zona merah Covid-19, sementara status sebelumnya berada di zona oranye, sebut Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, Sabtu (14/11/2020).

Aris melanjutkan, sementara Kabupaten Nias status zona oranye setelah sebelumn ya di zona kuning. Kalau saat ini hanya di Kabupaten Asahan menyandang zona kuning.

Kota Gunungsitoli saat ini mengalami penambahan pasien terkonfirmasi Covid-19 sebanyak sembilan kasus. Tingkat terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Gunungsitoli sebanyak 252 jiwa.

“Dari total kasus itu sebanyak 152 jiwa telah dinyatakan sembuh dan ada sembilan wafat,” kata Aris Yudhariansyah.

Baca juga: Sebanyak 25 Warga Limapuluh Kota Terkonfirmasi Positif Covid-19

Baca juga: Ribuan Petani di Gunungsitoli Sumut Menerima Kartu Tani

Terjadi penambahan kasus di Kota Gunungsitoli karena tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, menggunakan masker, dan mencuci tangan menggunakan sabun kesehatan. Rerata warga terpapar setelah diperiksa masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Meski demikian sebagian dari pasien telah membaik setelah menjalani isolasi dan mendapatkan perawatan medis. Lanjut Aris, di Kabupaten Asahan merupakan daerah status zona kuning dengan penambahan dua kasus pada beberapa hari terakhir.

“di Asahan itu ada 216 jiwa dengan 170 jiwa sembuh dan 12 jiwa wafat,” ungkapnya.

Jelas Aris, penambahan konfirmasi setelah pemeriksaan secara polymerase chain reaction (PCR). Satgas Penanganan Covid-19 Sumatera Utara terus berupaya menekan penyebaran virus Covid-19 di Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias.

Baca juga: Harga Singkong Anjlok, Petani di Lampung Timur Merana.

“Berbagai upaya telah kami lakukan bahkan Satgas dan tenaga medis melakukan testing, tracing dan treatment,” ungkapnya, Jumat (13/11/2020).

Saat ini berdasarkan data dari Satgas Covid-19 di Sumatera Utara sebanyak 14.131 jiwa terkonfirmasi, sebanyak 11.581 sembuh dan 577 meninggal dunia, sementara jumlah penambahan kasus pada Minggu (114/11/2020) belum ada. (harefa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.