Sudah 91,48 Persen Kelurahan Sudah Masuk Zona Hijau Di Kota Payakumbuh

by -

SEMANGATNEWS.COM – Di Kota Payakumbuh, saat ini tercatat tinggal enam kasus aktif positif Covid-19 berdasarkan data di Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, ini menjadi titik kasus terendah semenjak terjadinya gelombang ke-2 sekitar akhir Februari 2021 lalu.

“Dalam sepekan terakhir penambahan kasus positif Covid-19 sangat sedikit, oleh karena itu saat ini hanya tinggal enam yang masih dinyatakan positif Covid-19 di Kota Payakumbuh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal Dt. Tumangguang saat ditemui media di kantornya, Jumat (1/10).

Ditambahkan juga oleh kadis yang akrab disapa dengan Dokter Bek itu kalau saat ini 91,48 persen kelurahan sudah berada di zona hijau.

“Dari 47 kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh, sebanyak 43 kelurahan sudah berada di zona hijau, atau tidak ada lagi memiliki kasus positif Covid-19. Empat kelurahan yang belum masuk zona hijau itu ada Kelurahan Parit Rantang, Talang, Ibuh dan Napar. Mudah-mudahan kelurahan ini bisa segera menyusul masuk ke zona hijau,” ungkapnya.

Bakhrizal menjelaskan kalau kasus positif Covid-19 yang hanya tinggal enam ini merupakan yang terendah setelah terjadinya gelombang ke dua di Kota Payakumbuh yang dimulai sekitar akhir Februari 2021.

“Bahkan pada satu bulan belakang itu kasus aktif kita di Payakumbuh pernah mencapai 300-an. Berarti kondisi saat ini merupakan hal yang luar biasa,” ujarnya.

Bakhrizal berharap dalam pertengahan Oktober ini kasus positif Covid-19 di Payakumbuh sudah tidak ada lagi karena enam pasien yang tersisa ini diprediksi bisa bebas isolasi dalam beberapa hari ke depan. Ditambah dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti gebyar vaksinasi sapu jagad, saat ini sudah lebih dari 35 persen warga Payakumbuh yang divaksin.

“Meski harapan kita kasus bisa nol, bukan berarti kita tidak melakukan tes. Setiap hari di puskesmas dan rumah sakit tetap dilakukan tes, baik yang kontak erat maupun pasien yang merasa memiliki gejala Covid-19, sementara itu dengan tingginya animo masyarakat dengan ikut vaksinasi, bukan tidak mungkin 80 persen bisa kita tuntaskan bulan ini, semakin cepat pula kita menuju herd immunity,” katanya.

Secara keseluruhan, kata Bakhrizal, total kasus positif Covid-19 di Payakumbuh mencapai 2.689. Pasien yang dinyatakan meninggal dunia sebanyak 53 dan yang telah dinyatakan sembuh 2.630 pasien.

Kendati kasus membaik, Bakhrizal tetap mengimbau agar seluruh masyarakat dapat terus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan lainnya.

“Kita harus tetap waspada dan jangan sampai kita kecolongan lagi seperti saat mulainya gelombang kedua. Kita semua tentu ingin agar tidak ada lagi yang terpapar sehingga Kota Payakumbuh masuk zona hijau dan aktivitas kita dapat berjalan normal,” katanya. (07)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.