Sumbar Jajaki Pengusulan Dua Geopark ke UNESCO

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Sumatera Barat menjajaki kemungkinan pengajuan dua Geopark di daerah itu masing-masing Ngarai Sianok dan Singkarak untuk diajukan sebagai Geopark Dunia atau Unesco Global Geopark (UGG).

“Kita sudah punya tiga Geopark nasional, sekarang kita coba jajaki untuk jadi UGG,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi usai menghadiri Rapat Koordinasi Penyiapan Geopark Ranah Minang menjadi UGG di Ruang Rapat Istana Gubernur, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga:  Diseminasi Pembatalan Haji, Direktur Bina Haji Minta Pola dan Materi Manasik Haji Diperbaiki

Menurut Gubernur, tim persiapan sudah mempresentasikan potensi Geopark Ranah Minang dan langkah-langkah yang mungkin diambil untuk menjadikannya Geopark Dunia.

“Hasilnya nanti akan segera kita tindaklanjuti dengan pembentukan Badan Pengelola Geopark serta berkoordinasi dengan bupati/ wali kota,” ujarnya.

Ketua Tim Persiapan Geopark Ranah Minang menjadi UGG, Dr. Febrian mengatakan untuk bisa menjadi Geopark Dunia memang perlu langkah-langkah percepatan karena biasanya utuk bisa menyandang status itu Geopark harus jadi Geopark Nasional dulu.

Baca Juga:  IKIAD Kota Padang Perkenalkan Batik Tanah Liek di Pekanbaru

“Kita juga harus punya tema yang kuat secara geologi untuk bersaing secara ainternasional. Kita memiliki tema itu yaitu Patahan Sumatera,” katanya.

Ia merinci Geopark di patahan Sumatera itu sebenarnya cukup banyak yang berada dalam satu garis mulai dari Sianok, Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah, Suliti Solok Selatan hingga Geopark di Pasaman.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Ajak Organisasi dan Lembaga Gelar Kegiatan Nasional di Sumbar

Namun kalau disiapkan seluruhnya, akan sangat berat kerja yang harus dilakukan. Oleh sebab itu ada kemungkinan akan diambil dua geopark sebagai langkah awal yaitu Sianok dan Singkarak. Tetapi untuk jangka panjang, semua akan diajukan karena memiliki potensi yang sama.

No More Posts Available.

No more pages to load.