Syafrizal; Wujudkan Ekonomi Produktif, untuk Nagari Sejahtera dan Aman Covid-19 Atau

oleh -

Syafrizal; Wujudkan Ekonomi Produktif, untuk Nagari Sejahtera dan Aman Covid-19

SEMANGATNEWS.COM-Arah penggunaan Dana Desa 2021, masih tetap bertumpu pada pemulihan ekonomi sesuai kewenangan desa/nagari, dimana kegiatan dilaksanakan dengan pola padat karya, tetap ada bantuan langsung tunai dan mewujudkan nagari sejahtera yang aman Covid-19.

“Kita akan mendorong pengembangan usaha ekonomi produktif di nagari yang diutamakan dikelola oleh badan usaha milik desa atau Bumdes/Bumnag secara profesional,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM Datuak Nan Batuah, Senin (15/2) malam di hadapan 52 Wali Nagari se Kabupaten Dharmasraya.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Bersama Forkopimda Sumbar Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila Melalui Video Conference

Bimbingan teknis yang berlangsung 15-17 Februari 2021 ini, titik berat bahasannya adalah pemutakhiran profil dan pemetaan sumberdaya nagari yang diselenggarakan oleh Dinas PMN Kab. Dharmasraya di Hotel Axana, Padang.

Menurut Kadis Syafrizal Ucok, kegiatan dengan metode padat karya tunai desa (PKTD) akan menciptakan lapangan kerja baru, membuat uang beredar di nagari, dan diharapkan bangkitnya perekonomian nagari di masa pandemi. “Saya senang dengan kesungguhan Bupati Dharmasraya, Kadis PMN, Wali Nagari dan Bamus, sehingga menjadi yang tercepat dalam pencairan Dana Desa tahap pertama,” kata Syafrizal Ucok, yang juga pernah menjadi Pj Bupati di Dharmasraya tahun 2015 lalu.

Baca Juga:  Pertashop Menjamur, Apa Kabar BUMNAG?

Diingatkan oleh Kadis PMD Sumbar, bahwa sesuai Permendes PDTT nomor 13/2020, Dana Desa diprioritaskan untuk pencapaian SDGs (Sustain Development Goals) Desa yang jumlah 12 buah, antara lain desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat, pertumbuhan ekonomi yang merata, desa yang sadar lingkungan, keterlibatan perempuan desa, dan desa yang damai berkeadilan.

No More Posts Available.

No more pages to load.