Tanah Datar Mendapat Opini WTP Sembilan Kali, Delapan Kali Berturut-Turut Tiap Tahun

by -

Tanah Datar Mendapat Opini WTP Sembilan Kali, Delapan Kali Berturut-Turut Tiap Tahun

Semangatnews, Tanahdatar – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) Perwakilan Sumbar Yusnadewi, SE, MM, Ak, CA, CSFA diterima secara resmi Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH diruang rapat Gedung BPK RI Perwakilan Sumatera Barat di Padang Rabu (27/05).

Hasil Pemeriksaan yang dilakukan tim BPK RI Perwakilan Sumatera Barat menyatakan LKPD Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tahun anggaran 2019 dibawah kepemimpinan Bupati Drs.Irdinansyah Tarmizi dengan Wakil Bupati H.Zuldafri Darma, SH berhasil mempertahankan prediket opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Wabup H. Zuldafri Darma, SH mengucapkan terimakasih kepada BPK RI Perwakilan Sumatera Barat yang telah menyerahkan LKPD tahun anggaran 2019 sekaligus mengucapkan terimakasih atas bimbingan intensif yang dilakukan BPK RI kepada Pemerintah Daerah adalah prestasi yang sangat luar biasa bagi Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Drs. Irdinansyah Tarmizi ditempat terpisah juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas prestasi yang diraih. Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperoleh opini WTP sembilan kali, delapan kali diantaranya berturut-turut adalah prestasi bersama, prestasi Pemda, DPRD dan dukungan masyarakat, untuk itu kami mengucapkan terimakasih tak terhingga. Begitu juga Organisasi Perangkat Daerah yang telah bekerja keras. Buah kerja sama dan komitmen yang kuat kita kembali meraih WTP ke 9 kalinya. Opini pertama diraih tahun 2009, kemudian 2012 sampai 2019 tiap tahunnya.

Kepala BPK RI perwakilan Sumatera Barat Yisnadewi, SE, MM, Ak, CA, CSFA mengatakan, Pemda Tanah Datar sangat kooperatif dalam menindak lanjuti beberapa hal menjadi temuan yang biasa dialami setiap daerah hingga akhirnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian di tahun ini. Ada beberapa hal yang harus segera ditindak lanjuti selama masa 60 hari kedepan, kita harapkan Pemkab Tanah Datar tetap semangat menindak lanjutinya minimal 80%, mudah-mudahan dapat melebihi persentase itu.

BPK RI Perwakilan Sumbar juga menyerahkan LHP LKPD kepada Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi didampingi Sekda Irwandi Jumat 15 Mei 2020. Pada waktu itu BPK memberikan apresiasi luar biasa terhadap Pemkab Tanah Datar karena dalam 2 tahap penerapan pelaporan keuangan dan aset pemerintah mengunakan sistem akrual, opini WTP tetap diraih, walaupun diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Opini WTP yang diperoleh untuk LHP tahun anggaran 2019 ini merupakan momentum terbaik bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar. Opini tersebut menjadi kebanggaan bersama, bukan hanya bagi Pemda, tetapi juga bagi kami dijajaran BPK RI yang punya visi menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat kata Yusnadewi.

Wakil Bupati Tanah Datar H.Zuldafri Darma, SH didampingi Asisten Administrasi Umum Helfi Rahmi Harun, Inspektur Altri Suandi, Kepala Badan Keuangan Daerah Adrion Nurdal, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal dan Kepala Sub Auditoriat Sumbar 1 Novembris. (M. Syukur).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.