Tanpa Pemain Bintang Newcastle United Resmi Jadi Club Terkaya di Dunia

by -
by
pict-ilst-ist.

SEMANGATNEWS.COMNewcastle United resmi menjadi klub terkaya di dunia setelah Saudi Public Investment Fund (PIF) mengakhiri 14 tahun kepemilikan Mike Ashley dengan membeli klub Liga Inggris tersebut.

PIF akan memberikan sebagian besar pengambilalihan jumlah 300 juta pound untuk mengkonversi Newcastle United ke klub terkuat finansial di Inggris, sebagai keberuntungan 320 miliar euro dana hampir 11 kali lebih dari Manchester City.

Setahun yang lalu, Liga Premier tidak menyetujui pembelian Newcastle oleh PIF karena perselisihan antara Arab Saudi dan beIN Sports, yang memiliki hak TV untuk kompetisi di negara tersebut.

Saluran tersebut mengklaim bahwa negara tersebut berada di belakang siaran bajak laut yang secara ilegal mentransmisikan game selama bertahun-tahun.

Namun, Liga Premier mendapat jaminan yang mengikat secara hukum bahwa Arab Saudi tidak akan terlibat dalam pengelolaan klub dan memberi lampu hijau untuk pengambilalihan itu terjadi.

Newcastle saat ini duduk di urutan kedua terbawah dalam tabel liga setelah hanya meraih tiga poin dari tujuh pertandingan pembukaan mereka.

Disinyalir pemimpin PIF, Mohammed bin Salman, memiliki Kekayaan bersih sekitar 13 miliar poundsterling atau setara Rp 251 triliun.

Namun perlu diketahui jumlah tersebut adalah harta pribadi Mohammed bin Salman, sedangkan keluarga Kerajaan Arab Saudi diyakini memiliki kekayaan sebesar 1,3 triliun poundsterling atau Rp 25.167 triliun.

Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan kekayaan bersih Keluarga Kerajaan Abu Dhabi yang diyakini sekitar 500 miliar poundsterling atau sekitar Rp 9.679 triliun.

Sementara itu, The Independent menyebut jumlah kekayaan PIF mencapai 320 miliar poundsterling.

Jumlah ini lebih besar dari kekayaan Qatar Investment Authority pemilik PSG yang hanya mencapai 220 miliar poundsterling.

Nilai ini menjadikan PIF sebagai pemilik klub sepak bola terkaya di dunia saat ini.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.