TERNYATA “BIPANG” MAKANAN KESUKAAN JUBIR FADJROEL RAHMAN SEJAK KECIL

by -

TERNYATA “BIPANG” MAKANAN KESUKAAN JUBIR FADJROEL RAHMAN SEJAK KECIL

SEMANGATNEWS.COM- Heboh, nitizen pertanyakan pernyataan Presiden Jokowi soal oleh oleh khas daerah, utamanya ketika menyebut makanan khas Bipang dari Kalimantan.

Tak pelak, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman ikut mengomentari video viral presiden Jokowi yang merekomendasikan Bipang salah satu oleh- oleh yang bisa dipesan secara online.

Namun menurut Fadjroel Bipang adalah makanan kering yang terbuat dari beras. Sedangkan Bipang yang dihebohkan nitizen adalah sebutan “Babi Panggang” yang berasal dari Ambawang Kalimantan.

Fadjroel pun menceritakan kalau makanan bipang ini, makanan favoritnya sejak dahulu kala.

“Ini bipang atau jipang dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya. Nuhun ~ #BungFADJROEL #Bipang,” tulisnya seperti dilansir dari akun twitternya, Sabtu (8/5/2021).

Seperti diketahui, viral tentang Presiden Jokowi yang menyebut Bipang Ambawang sebagai makanan khas Kalimantan beredar di dunia maya.

Dalam video tersebut, Jokowi mengajak warga untuk tidak mudik lebaran. Jika rindu dan kepingin makanan khas daerah bisa dipesan secara online termasuk cenderamata.

“Bagi yang rindu makanan khas daerah tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, Siomay Bandung, Pempek Palembang, Bipang Ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” kata Jokowi.
Apakah Bipang kesukaan Jubir Fadjrul sama dengan bipang yang dimaksudkan Presiden Jokowi?

PENULUSURAN

Bipang Ambawang adalah babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang. Babi panggang ini memiliki kulit yang garing, lemak yang tipis dan daging yang lembut.

Bipang Ambawang dipanggang dengan arang yang membara. Sebelum dipanggang, berat babi per ekor berkisar 10 sampai 20 kilogram.

Berat tersebut akan berubah menjadi 3 sampai 7 kilogram usai dipanggang. Berat ini berbeda dengan babi panggang biasa yang bisa mencapai 100 kilogram.

Bumbu yang digunakan pun spesial karena diracik khusus oleh Bipang Ambawang. Kuliner ini cukup terkenal di Kalimantan khususnya Pontianak sehingga selalu ramai dikunjungi pembeli.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.