Tim Pengabdian Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA Berikan Edukasi dan Pelatihan Mengenai Buku Cerita Anak Bergambar

by -

Tim Pengabdian Pendidikan Sejarah FKIP UHAMKA Berikan Edukasi dan Pelatihan Mengenai Buku Cerita Anak Bergambar

Buku Cerita anak merupakan salah satu jenis buku yang diperuntukkan untuk usia anak – anak. Adanya buku cerita anak adalah suatu wadah atau cara yang dapat digunakan untuk memberikan suatu pemahaman mengenai suatu hal.

Salah satu hal yang dapat digunakan adalah menggunakan buku cerita anak mengenai protokol Kesehatan.
Adanya virus covid-19 di Indonesia adalah suatu peristiwa yang menggemparkan negara Indonesia bahkan seluruh dunia. Virus covid-19 menyerang berbagai kalangan usia. Mulai dari usia anak – anak hingga orang tua, bahkan bayi baru lahir pun dapt terpapar virus covid-19.

Hal tersebut membuat adanya keresahan pada orang tua, khususnya ibu – ibu. Oleh karena itu, tim dosen program studi Pendidikan sejarah dan Dosen PGSD FKIP UHAMKA menyelenggarakan pelatihan untuk membuat buku cerita anak bergambar tema protokol Kesehatan secara mudah yang dapat memberikan pengetahuan pada ibu – ibu khususnya yang memiliki anak – anak.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual selama satu hari, yaitu pada hari Selasa 10 Agustus 2021 dengan menggunakan platform Zoom Meeting yang diikuti 26 orang. Baik ibu – ibu Aisyyah cabang Ciracas, Ibu PKK RT.009, Mahasiswa, guru dan Masyarakat Umum.

Silvy Mei Pradita selaku ketua penyelenggara mengatakan “bahwa ditengah pandemic covid-19 ini segala sesuatunya dilaksanakan dengan menggunakan internet dan tak terlepas dari handphone.

Hal tersebut tidak baik jika dilakukan secara terus menerus dan banyak dampak yang menyertainya. Diperlukan penanaman literasi membaca pada anak sedari dini, agar anak dapat lebih mencintai buku. Karena dampak yang dimiliki dengan menanamkan literasi sejak kecil dapat membentuk karakter anak menjadi baik”.

Kegiatan pelatihan ini dimulai dari pukul 13.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB dengan menggunakan dua narasumber satu Moderator.yang menjadi Moderator pada kegiatan ini adalah Ibu Septi Fitri Meilana,M.Pd. Pemaparan materi pertama diawali mengenai membangun keluarga literasi dan manfaat membaca dengan narasumber Silvy Mei Pradita, M.Pd.

Untuk materi kedua dilanjutkan oleh Dr. Asep Sutisna Sanjaya, M.Pd yang merupakan seorang reviewer dan penulis buku. Ia memaparkan materi mengenai penting menulis dan manfaat menulis. Setelah pemaran materi dari narasumber dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi yang dimoderatori oleh Septi Fitri Meilana,M.Pd.
Diskusi berlangsung dengan baik para peserta sangat antusius mengikuti kegiatan pelatihan.

Kegiatan diakhiri dengan membuat tulisan mengenai cerita anak bergambar tema protokol Kesehatan oleh para peserta dengan menggunakan media kertas.

Pada akhir kegiatan, peserta mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi ibu – ibu. Karena memberikan pengetahuan yang baru bagi ibu – ibu khususnya yang mempunyai anak – anak mengenai manfaat membaca dan menulis.

Selain itu juga, peserta mengharapkan adanya kegiatan lain seperti ini yang dapat memberikan pengetahuan kepada anak terkait hal mengenai pandemic covid-19. ( Sumber: Silvy Mei Pradita, M.Pd dan Septi Fitri Meilana,M.Pd )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.