Tim SAR Elemen Penting Wujudkan Ketahanan Bencana di Sumbar

oleh -

Deputi Bina Tenaga dan Potensi Badan Nasional Pencarian dan pertolongan Abdul Haris mengatakan pelatihan adalah sebuah kebutuhan dalam SAR untuk menjaga kesiapsiagaan personel.

Banyak ilmu dan pengalaman yang bisa dipetik dalam pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuan personel untuk melakukan tugasnya dalam mencari dan memberikan pertolongan.

Meski demikian ia menegaskan SAR bukan hanya tanggung jawab BASARNAS, tetapi tanggung jawab bersama karena itu tidak boleh ada ago dalam lembaga.

“Meskipun BASRNAS adalah leading sector dalam bidang pencarian dan pertolongan, tetapi sinergisitas harus dikedepankan dengan pemerintah daerah, TNI/Polri dan masyarakat,” katanya.

Baca Juga:  Perupa Yon Indra Tampilkan karya The Circle of Absession pada Pameran "Jalur Rempah" Sumbar

Ia menyebut dalam urusan bencana juga ada unsur pentahelix yaitu kerjasama antara lima kelompok masing-masing pemerintah, pengusaha, media akademisi dan masyarakat.

Hal itu harus diwujudkan bersamaan dengan latihan untuk meningkatkan skill dan kemampuan dalam penanggulangan bencana.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Efendi, perwakilan Korem 032 Wirabraja, Perwakilan komandan Pangkalan TNI AU Sutan Sjahril, perwakilan Batalyon Infanteri 133
Yudha Sakti dan perwakilan Yonmarhanlan II.***

Baca Juga:  Wali Kota Payakumbuh Instruksikan Kepala OPD Mengajak Kelompok Masyarakat Ikut Vaksin Sesuai Ranah Mereka

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

No More Posts Available.

No more pages to load.