Tingkatkan Mutu, IAIN Batusangkar Terima Kunjungan UIN Sunan Kalijaga

by -

SEMANGATNEWS.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta rangkul Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dalam peningkatan mutu perguruan tinggi.

Upaya tersebut dilaksanakan dalan kunjungan oleh Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga beserta rombongan Ke IAIN Batusangkar pada Rabu (3/3/21).

“IAIN Batusangkar sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan raihan Akreditasi Prodi/Jurusan A terbanyak dari Badang Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sudah patut untuk menyiapkan akreditasi unggul atau Transformasi Akreditasi Internasional,” ucap Ketua LPM, Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si UIN SUKA.

Ditambahkannya, Memilih IAIN Batusangkar dalam kunjungan kali ini, karena pengelolaan Prodi/Jurusan di IAIN Batusangkar sudah baik ditambah lagi, IAIN Batusangkar sudah memiliki 7 Akreditasi A Program Studi nya terakreditasi dari BAN-PT dan juga IAIN Batusangkar Sudah Memiliki 2 orang Tim Asesor BAN-PT.

Dalam kunjungan UIN SUKA membawa 20 ketua prodi yang akan bisa berdiskusi dan saling berbagi dalam menghadipi Akreditasi Internasional, mengingat kita sama-sama satu payung di kementerian Agama, sehingga mampu memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan, dan juga mewujudkan program Merdeka Belajar/Era Kampus merdeka.

Dalam sambutannya Rektor yang di wakili oleh Wakil Rektor Ridwal Trisoni, mengucapkan terimah kasih telah mengunjungi IAIN Batusangkar dan juga merangkul menghadapi Akreditasi baik Nasional maupun tingkat Internasional.

Dukungan yang selama ini diberikan oleh UIN SUKA kepada IAIN Batusangkar terutama dalam bidang Assesment yang sangat membantu tim akreditasi menghadapi Asesor BAN-PT.

“Alhamdulillah IAIN Batusangkar bisa mendapatkan 7 Akreditasi A, dan 17 B dari 34 prodi/jurusan baik Starata 1 maupun strata 2,” tutup Ridwal.

Sementara itu ketua LPM IAIN Batusangkar Dr. Ulya Atsani, M.Hum. mengatakan dengan kehadiran UIN SUKA bisa memotifasi kami di IAIN Batusangkar, mengingat IAIN Batusangkar sedang dalam tahap Transformasi menuju UIN Batusangkar.

Lebih lanjut Ulya Atsani meyampaikan serangkaian kegiatan dalam kunjungan UIN SUKA ke IAIN Batusangkar sudah kita siapkan juga, adanya penandatangan MoA yakni Jurusan PAI, PBA, MPI, PGMI dan Matematika pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Sedangkan pada Fakultas Syariah yakni Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) dan di Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

“Kolaborasi antara perguruan tinggi ini menentukan sikap perguruan tinggi terhadap lulusan dan kualitas yang dihasilkan, juga untuk membantu perguruan tinggi melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban terhadap public”, tutup Ulya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.