UKW PWI Sumbar Angkatan XI Tambah Wartawan Kompeten di Indonesia.

by -

Semangatnews,Padang-Jumlah wartawan yang berkompeten di Indonesia masih berada di angka 10 persen. Angka itu, masih rendah dibandingkan jumlah wartawan yang tercatat. Namun, dengan seiring adanya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan dibeberapa daerah jumlah itu dipastikan akan mengalami peningkatan.

“Jadi, adanya UKW PWI Sumbar ini akan menambah jumlah wartawan yang berkompeten. Karena saat ini jumlah wartawan yang terdata maupun tidak berada pada angka 100 hingga 150 ribu di Indonesia. Tetapi dari jumlah itu baru 10 ribu yag tercatat berkompeten,” ujar Direktur UKW Pusat, Rajab Ritonga, Kamis (13/12) saat penutupan UKW Sumbar angkatan XI di Escape Building Kantor Gubernur.

Rajab juga menjelaskan UKW PWI di Sumbar ini telah ikut menambah jumlah peserta UKW berkompeten yang saat ini mencapai angka 10.271. Itupun belum termasuk peserta UKW Sumbar yang dinyatakan kompeten.

“Ada 28 peserta UKW di Sumbar yang kompeten pada ujian kali ini, itu sudah pasti menambah jumlah wartawan di Indonesia yang berkompeten,” katanya.

Rajab mengatakan, dengan menjadi wartawan yang berkompeten akan menjelaskan legalitas sebagai wartawan. Karena sebagai wartawan kompeten para narasumber juga akan lebih terbuka untuk memberikan informasinya.

“Wartawan kompeten ini akan lebih dipercaya narasumber, karena, memiliki legalitas yang jelas,” tuturnya.

Rajab juga mengapresiasi adanya kerjasama yang dilakukan Pemprov Sumbar dengan PWI yang mengadakan uji kompetensi bagi wartawan di Sumbar. Sehingga, adanya kompetensi wartawan ini akan dapat menjadi rujukan guna memperbanyak wartawan yang berkompeten di Indonesia yang angkanya masih jauh dari harapan.

“Kita dari PWI Pusat sangat apresiasi adanya UKW dengan kerjasama dari Pemprov dan PWI setempat. Maka, ini akan menambah wartawan yang berkompeten di bidangnya,” katanya.

Kesempatan yang sama, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman menekankan bahwa dengan adanya UKW ini akan menjadikan wartawan tersebut menjadfi profesional. Apalagi, dalam setiaop sesi mata ujinya menuntut wartawan untuk terampil dan bijak dalam mengambil keputusan.

“Kita ingin wartawan yang telah menyelesaikan UKW dapat menjadi seorang yang profesional, sehingga tidak hanya terampil dalam bidangnya. Namun, dapat mengambil kebijakan sebelum mengeluarkan beritanya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.