Totalitas Kekan Usia 79 Tahun di TMMD Kodim Kendal

oleh -

KENDAL – Hampir sepekan, pembangunan fisik pengecoran jalan di Desa Sendang kulon Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, dengan panjang 1.200 Meter masih berlangsung .

Sesuai hitungan waktu yang telah di tentukan, sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal itu, harus selesai sebelum TMMD usai.

Tampak semangat gotong royong antara TNI dan warga yang saling membantu. Tidak ketinggalan Mbah Sukarman (79), tidak selalu ikut kegiatan TMMD itu.

Raut wajah mbah Sukarman(79) begitu sudah tua, kulitnya sudah keriput,gigi hampir tidak ada semua karena sudah termakan usia. Dan anas matahari pun menyengat tubuhnya.

Namun semua itu tidak mematahkan semangat juangnya untuk bersama-sama Satgas TMMD dan warga yang lainya, tetap bergotong royong pengecoran jalan Desa untuk kemajuan tanah kelahirannya di Desa Sendang kulon.

Mbah Sukarman mengaku, sudah merasakan hidup di dua zaman yaitu zaman penjajahan yang sangat sulit dan menyakitkan serta jaman kemerdekaan sampai saat ini yang masih bisa menikmatinya.

“Aku melu seneng ngrewangi bapak-bapak Tentara kerjo gawe dalane kampung ben apik. Senadjan aku wes di penging ora oleh melu karo pak RT,sing penting kunci urip iku kudu akeh mujisyukur marang Gusti Allah lan iklas”(Aku ikut senang membantu bapak-bapak tentara kerja membuat jalan Desa biar bagus, walapun saya sudah di pesan tidak boleh ikut sama pak RT, yang terpenting kunci hidup ini harus banyak bersyukur kepada Allah serta ikhlas,” ungkap mbah Sukarman kepada Serda Suparjo, yang meladeni obrolan Mbah Sukarman. (Pendim 0715/Kendal)