TSR Pemprov Sumbar Sambangi Baruah Gunuang Serta Serahkan Bantuan Senilai 50 Juta

oleh -

SEMANGATNEWS.COM– Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Safari Ramadhan ke berbagai kota dan kabupaten yang berada di Sumatera Barat. Kali ini, Masjid Raya Baruah Gunuang, Jorong Baruah Gunuang II, Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan menjadi salah satu dari 36 masjid yang mendapat kunjungan dari Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemprov Sumbar pada Minggu, 4 Ramadhan 1444 Hijriyah (26/03/2023). Tim Safari yang dikomandoi oleh Ketua DPRD Sumbar ini terdiri dari Kepala Bagian Kesra dan Pelayanan Dasar Randy Harfian, Komisioner KPU Sumbar Azwar Aini serta sejumlah OPD di Pemprov Sumbar.

Berjarak 50 Km sebelah Utara pusat kota Sarilamak, TSR Provinsi Sumbar diiringi langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo bersama Anggota DPRD Limapuluh Kota Doni Ikhlas, serta didampingi oleh Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Setwan Dedi Permana, Plt Kadisdikbud Retyanda, Plt Kadis Sosial Afri Efendi, Kepala BAZNAS Limapuluh Yulius.

Mengawali sambutannya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengapresiasi Pemprov Sumbar yang telah menetapkan 2 Nagari di Limapuluh Kota sebagai tujuan Safari Ramadhan di Tahun 2023. “Kami turut mengapresiasi Masjid Raya Baruah Gunuang atas terselenggaranya program Tahfidz bernama Pondok Tahfidz Raudhatul Ilmi, hal ini sangat mendukung visi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yaitu Mewujudkan Limapuluh Kota Madani, Beradat, dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah dan sejalan dengan visi Provinsi Sumbar yakni terwujudnya Sumbar Madani yang unggul dan berkelanjutan,” ujar Bupati Safaruddin. Selanjutnya Ia mengajak masyarakat untuk mewujudkan visi Pemkab maupun Pemprov dengan mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin berharap agar para orang tua dapat mendidik anak-anak serta generasi muda nagari untuk meramaikan masjid maupun surau dan menjadikan surau/musholla sebagai pusat kegiatan masyarakat. “Tidak hanya peningkatan SDM yang jadi fokus pembangunan, di bidang infrastruktur pun Pemprov dan Pemkab telah bersinergi, dengan diperbaikinya jalan ke Baruah Gunuang hingga Koto Tinggi, diharapkan perekonomian masyarakat mengalami peningkatan,” utas Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra dan Pelayanan Dasar Setdaprov Sumbar Randy Harfian mengucapkan rasa syukur atas pelaksanaan Safari Ramadhan yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar. “Selain menjalin ukhuwah, 12 tim Provinsi yang terdiri dari unsur Forkopimda akan mengunjungi 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, dengan tujuan untuk menyemarakkan dan memakmurkan masjid, salah satunya di Nagari Baruah Gunuang,” kata Randy. Ia berharap upaya Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten ini dapat mewujudkan Sumbar religius dan berbudaya dan didukung penuh oleh Wali Nagari, Camat, dan seluruh elemen masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan pendidikan moral, agama dan nilai adat budaya bagi generasi muda sebagai upaya dalam mencegah degradasi moral. Disamping itu, melalui bantuan hibah Pemprov Sumbar, Randy berharap Masjid Raya Baruah Gunuang dapat memanfaatkannya dalam pembangunan Masjid serta sejumlah kegiatan yang diselenggarakan di Masjid.

Di penghujung kegiatan, Usai memberikan sambutan, Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar 50 Juta Rupiah kepada pengurus masjid Raya Baruah Gunuang dan disaksikan oleh Ratusan masyarakat Nagari Baruah Gunuang. (ARYA)

 

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.