Unik dan Kreatif, Pameran Ratusan Bonsai Meriahkan HUT Kabupaten ini

by -

Unik dan Kreatif, Pameran Ratusan Bonsai Meriahkan HUT Kabupaten ini

Semangatnews, Padang Aro – Dalam rangka merayakan HUT Kabupaten Solok Selatan ke 16, berbagai kegiatan diselenggarakan. Salah satunya yakni pameran Bonsai yang digelar di Ruang terbuka Hijaun (RTH) Padang Aro yang menampilkan ratusan bonsai.

Pembina Komunitas Bengkel Kreasi Talunan Maju (BKTM) Hendrik mengatakan kurang lebih 10 jenis bonsai ditampikan dalam pameran kali ini. Jenis bonsai yang dipamerkan yakni Bonsai Beringin, Masam, Kemuning, Premana, Bonsai Kelapa, Koki, Anti Adenium, Serisa (Seribu Bintang) Murbei Lantana Wareng Bintang.

“Masih banyak jenis yang lain, tapi kali ini kami hanya menampilkan 10 jenis saja,” ungkapnya pada Minggu (5/1) di RTH Padang Aro.

Ia menyebutkan, untuk harga bonsai itu sendiri berbeda-berbeda tergantung jenis dan bentuknya.

Ia mengatakan, harga termurah yakni Rp100 ribu dan yang termahal yang ada di pameran itu seharga Rp2,5 Juta.

“Yang termahal itu bonsai beringin sekitar Rp2,5 Juta, umurnya sudah 8 tahun,” sebutnya..

Ia menjelaskan, yang membuat harga tanaman bonsai ini mahal karena bentuknya yang menampilkan karakteristik tanam tua dan juga umurnya.

Ia menambahkan, animo masyarakat untuk melihat dan membeli juga sangat banyak, hingga pemeran resmi dibuka oleh Bupati saja, sudah terjual sebanyak 5 buah bonsai. “Alhamdulillah sampai saat ini sudah terjual 5 buah bonsai,” ujarnya.

Disamping itu, ia juga mengapresiasi dukungan dari Pemerintahan Nagari untuk kemajuan komunitasnya. Dijelaskannya, pemerintah nagari telah mengalokasi dana desan untuk pembuatan pot bonsai di tahun 2019.

“Alhamdulillah kami juga disupport oleh Bapak Camat dan Pemerintahan Nagari, tahun lalu kita dibantu untuk pembuatan pot bonsai,” ujarnya.

Disamping pameran Bonsai dari Nagari Talunan Maju, juga ada Pameran Bonsai dengan jenis yang sama dari Nagari Sako Utara Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.