Upacara Peringatan Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat di Dharmasraya

by -
Hari Pahlawan

SEMANGATNEWS.COM, DHARMASRAYA – Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Kabupaten Dharmasraya berlangsung khidmat. Menariknya upacara hari Pahlawan kali ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, S.I.K

Upacara yang dipusatkan di halaman kantor Bupati setempat, Kamis (10/11) dihadiri pimpinan DPRD, unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD, Veteran dan para ASN serta anggota TNI/Polri

Dalam amanat pidato Mensos RI Tri Risma Maharani yang dibacakan Kapolres, mengajak masyarkat untuk menghidupkan kembali ingatan masyarakat tentang perjuangan para pahlawan. Dengan hanya berbekal bambu runcing, pahlawan dengan semangat bergerak menghadang musuh.

Dalam sebagian amanat yang dibacakan, negara sedang berjuang dalam menaklukkan ancaman dan tantangan, seperti pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

“Begitu juga kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang,” tuturnya.

“Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para Pahlawan kita telah memberikan Teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” lanjutnya.

Ia berharap teladan dari para Pahlawan Bangsa menjadi semangat masyarakat di Peringatan Hari Pahlawan. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,”.

Ia mengahakan momentum Peringatan Hari Pahlawan dijadikan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya.

“Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah–belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah,” pintanya.

Sementara itu Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengharapkan Peringatan Hari Pahlawan 2022 dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap warga untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup kita sebagai bangsa dan negara merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para Pejuang yang gugur, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” ujarnya. (rsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.