Wabup Pessel Rudi Hariyansyah; Normalisasi Batang Tapan Butuh Dana Rp 163 Milyar

by -

Wabup Pessel Rudi Hariyansyah;
Normalisasi Batang Tapan Butuh Dana Rp 163 Milyar

SEMANGATNEWS.COM – Waki Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, mengatakan, untuk mengatasi banjir di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan dan Basa Ampek Balai Tapan, perlu dilakukan normalisasi dan perkuatan tebing Sungai Batang Tapan.

” Berdasarkan kajian PSDA normalisasi dan perkuatan tebing membutuhkan dana Rp 613 milyar,” kata Rudi Hariyansyah, Selasa (6/4).

Dikatakan, guna mendapatkan dana tersebut pihaknya mengajukan proposal kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional Padat Karya.

Ditambahkan, karena dana dari pemerintah pusat masih menunggu persetujuan, maka untuk penanggulangan sementara Pemerintah Kabupatan Pesisir Selatan, kini tengah melakukan pembersihan, pengerukan sungai sepanjang 180 meter.

Pengerjaan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan dana operasional dan pemeliharaan sungai dinas PSDA tahun 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas PSDA, Ir. Doni Gusrizal, menambahkan, Batang Tapan memiliki panjang 68 KM dengan beberapa anak sungai.

Pemkab telah membuat Detail Engeneering Disign (DED) tahun 2019. Dan berupaya mencari dana penanggulangan Batang Tapan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V dan PSDA Prov Sumbar.

Tahun 2020 sudah dianggarkan Rp 49 milyar namun gagal direalisasikan karena dana dipotong akibat refocusing anggaran pandemi covid 19.

” Mudah mudahan pemerintah pusat segera mengabulkan proposal yang diajukan,” tutupnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.