Wabup Richi Aprian Tegaskan Bagaimana Pembangunan di Tanah Datar

by -

SEMANGATNEWS.COM- Sesuai arahan Bupati, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersikap tegas Bagaimana pembangunan di Tanah Datar wajib memperhitungkan daya dukung dan daya tampung lingkungannya.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian pada kegiatan Sosialisasi Program Setapak di aula Baperlirbang Tanah Datar Rabu (12/01).

Sikap tegas itu sebagai bentuk upaya Pemerintah dalam menyiapkan masa depan Tanah Datar dengan seluruh keindahan alamnya menjadi warisan bagi anak cucu nantinya, jangan sampai mereka hanya mendengar cerita bahwa Tanah Datar dulunya pernah menjadi daerah asri,” kata Richi.

Kemudian Wabup menyampaikan ucapan terima kasih dan Jemari Sakato yang telah memilih Tanah Datar sebagai daerah penerapan penerapan peningkatan instrumen Fiskal untuk perlindungan lingkungan.

Urusan lingkungan hidup, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar tetap peduli dan menjadi prioritas, ini tertuang dalam misi poin 6, yakni meningkatkan pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” kata Richi.

Selain itu, tambah Richi, sebagai bentuk dukungan langsung Pemerintah Daerah telah mengalokasikan pembiayaan melalui APBD Tanah Datar tahun 2022.

Untuk menunjang kegiatan berkesinambungan di bidang lingkungan hidup, tahun 2022 pemerintah telah alokasikan lebih kurang 1% dari belanja daerah untuk lingkungan hidup,” katanya.

Selanjutnya Wabup Richi kembali menyampaikan ucapan terima kasih karena terpilih menjadi salah satu daerah pelaksanaan program Setapak.

Terakhir diharapkan peserta dari OPD untuk ikuti sosialisasi dengan sebaik-baiknya, kemudian kepada Jemari Sakato untuk memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah tentang bagaimana program kerja, penerapan serta output dari kegiatan ini,” tukasnya.

Sebelumnya Direktur Jemari Sakato Robi Syafwar mengatakan ucapan terima atas dukungan Pemerintah Daerah Tanah Datar.

Kehadiran pak Wabup dalam kegiatan membuktikan dukungan terhadap kegiatan dan program ini, karena itu kami ucapkan terima kasih,” sebutnya.

Dikatakan Robi, Program Setapak ini mendorong Pemerintah dalam upaya membangun tata kelola dan lahan, dimana kita mendorong implementasi rencana pembangunan tetap berwawasan keselamatan lingkungan.

Jemari Sakato berkerjasama dengan The Asia Foundation dan dukungan UKaid, program ini yang dimulai Oktober 2021 sampai Oktober 2022 di Tanah Datar, dan sengaja kita melibatkan OPD karena kita tidak bisa bekerja sendiri,” katanya.

Dan memang, tambah Robi, Tanah Datar menjadi satu dari tiga daerah di Sumatera Barat melaksanakan program ini.

Atas berbagai pertimbangan Tanah Datar bersama Agam dan Pemerintah Provinsi Sumbar menjadi daerah melaksanakan program ini setahun ke depan, karena itu mari kita bersinergi dan berkoordinasi untuk sukseskan kegiatan ini,” tukasnya.

Kegiatan turut dihadiri secara virtual dari Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Direktur Program Setapak The Asia Foundation. Dihadiri langsung Sekretaris Baperlitbang Adriyanti Rustam serta utusan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Tanah Datar. (MSy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.