Wabup Rudi Hariyansyah, Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Nagari Bukit Buai Tapan

by -

Wabup Rudi Hariyansyah, Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Nagari Bukit Buai Tapan

SEMANGATNEWS.COM–Wakil Bupati Pesisir Selatan, (Pessel), Apt.Rudi Hariyansyah, S.Si., meresmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Nagari Bukit Buai Tapan, Jumat (16/4).

Usai peresmian masjid tersebut, pada hari yang sama Wabup, juga melaksanakan Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, di masjid dimaksud.

Dalam kesempatan itu, Rudi, menyampaikan agar masyarakat bisa mengisi pembangunan masjid tersebut dengan berbagai kegiatan keagamaan di wilayah itu.

“Mari kita bersama-sama mengajak dan mendorong para generasi muda agar menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan, menuntut ilmu, dan kegiatan sosial lainnya, sesuai dengan fungsinya,” ujar Wabup.

Masjid Ar-Rahman berada di lahan seluas 3000 meter per segi, dibangun dengan dimensi 18 meter  × 18 meter merupakan lahannya berasal dari wakaf Hj. Roslaina.

“Saya berharap keberadaan masjid yang baru diresmikan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Nagari Bukit Buai Tapan dan menjadi salah satu pusat pendidikan keagamaan khususnya anak-anak,” harapnya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Rudi, menyerahkan bantuan untuk mesjid ini sebesar Rp 7,5 juta.

Peresmian masjid ini dihadiri oleh Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Pessel, Abrar Munanda,  Camat Basa Ampek Balai Tapan, Aflizen, Wali Nagari Bukit Buai Tapan, Bustami, alim ulama, dan tokoh masyarakat.

Pengurus Masjid Ar-Rahman, Yos Dinata, saat peresmian tersebut menjelaskan bahwa masjid megah yang mulai dibangun pada November 2018 lalu.

“Kehadiran masjid ini juga dapat membantu para musyafir, sebab keberadaanya memang berada di pinggir jalan nasional Bukit Buai Tapan,” katanya.

Dijelaskan juga bahwa pembangunan masjid tersebut telah menghabiskan dana sebesar Rp 1,5 miliar, dari Rp 2,5 miliar sesuai dengan perkiraan.

“Pada tahap awalnya, ibu Hj. Roslaina  juga telah menyumbangkan uang sebesar Rp 150 juta. Melalui dana awal itu, sehingga kita memulai pembangunan.  Berkat dukungan para donatur, sehingga sampai saat ini pembangunan masih terus  berlangsung,” jelasnya.

Wali Nagari Bukit Buai Tapan, Bustami, menjelaskan bahwa dengan telah diresmikannya masjid itu oleh Wakil Bupati Pessel, Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si. maka di nagari itu telah berdiri dua unit masjid.

“Keberadaan masjid ini memang sudah sebuah kebutuhan bagi masyarakat di nagari ini. Selain itu di sekitar mesjid ini akan dibangun tempat peristirahatan (rest area) bagi para musafir yang melewati jalan nasional ini,” kata Bustami.

“Pembangunan ini kita rencanakan, guna  memberikan kenyamanan bagi umat muslim yang ingin beribadah. Disamping juga sudah merupakan sebuah kebutuhan. Sebab di nagari ini jumlah kepala keluarganya  sudah mencapai 1.200 KK,”  ucap Wali Nagari.

Kakan Kemenag Pessel, Abrar Munanda, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya siap bekerja sama dengan pemerintah daerah, terutama sekali dalam melakukan pembangunan di bidang keagamaan.

“Fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah  tapi sebagai tempat melaksanakan berbagai kegiatan bermanfaat bagi umat,” katanya

Abrar juga menjelaskan, tiga hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengelolaan masjid diantaranya, pembukuan masjid dengan menerapkan transparansi keuangan, yang kedua pembangunan masjid agar terasa nyaman, dan yang ketiga adalah kemakmuran masjid.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.