Wagub Audy Ajak Peternak Sumbar Ikuti Program Unggulan “Sumbar Madani”

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Pengembangan usaha peternakan di Sumatera Barat bertujuan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak sehinnga mampu menyediakan protein hewani asal ternak seperti daging, telur, susu, untuk dikonsumsi kegutuhan daerah sendiri maupun provinsi tetangga.

Salah satunya ternak sapi merupakan salah satu komoditas ternak sangat diminati oleh provinsi terdekat. Hal ini memandakan bahwa ternak sapi Sumbar memiliki kualitas dan daya saing yang cukup kuat. Namun, produktivitas peternakan masih perlu terus digenjot, sehingga bisa menjadikan Sumbar sebagai lumbung ternak sapi.

Baca Juga:  Ahli Minta Masyarakat Niatkan Vaksinasi di Bulan Ramadhan Sebagai Ibadah

Untuk mewujudkan itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menghadiri acara silaturahmi dengan para peternak se-Sumbar di UPTD Balai Pengembangan Teknologi dan Sumber Daya (BPTSD) Tuah Sakato Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Payakumbuh, Jum’at (12/3/2021).

Dalam silaturahmi itu merupakan salah satu agenda Wagub Sumbar untuk menghimpun masukan dari peternak dan menggali kondisi di lapangan yang dihadapi peternak.

Baca Juga:  Kadin Sumbar Temui Gubernur Mahyeldi Rasakan Krisis Ekonomi Imbas Covid-19

“Sehingga nanti menjadi bahan masukan bagi kita Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, ke depan program seperti apa yang menguntungkan para peternak kita dalam rangka menggenjot produksi ternak, sekaligus evaluasi terhadap program-program peternakan yang sudah berjalan,” ujar Wagub Audy.

Wagub Sumbar menegaskan agar para peternak di Sumbar perlu dibantu, karena merekalah yang menggerakkan ekonomi, sementara itu para regulator hanya memiliki 20 persen pengaruhnya terhadap itu.

Baca Juga:  Bupati Sutan Riska Sebut Dana Nagari 2021 Prioriyas Untuk Covid-19 dan SDGs

“Seharusnya kita memiliki program unggulan di peternakan, seperti Sumbar Mandiri dengan beberapa komoditas ternak yang memiliki pengertian luas, bagaimana berternak dengan baik,” ungkap Audy.