Wagub Audy Joinaldy Letakan Batu Pertama Pembangunan Closed House Milik H. Akmal.

by -

SEMANGATNEWS.COM – Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy melakukan peletakan batu pertama pembangunan “Closed House” kandang tertutup di Batu Kalang Indah, Kenagarian Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Sabtu (13/3/2021).

Peletakan batu pertama pembangunan Closed House ini dibangun, merupakan kandang kedua yang dimiliki oleh H. Akmal Datuak Rang Kayo dibangunnya dengan kapasitas yang sama dengan kandang yang pertama.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengatakan bahwa Closed House itu adalah merupakan kadang ayam tertutup untuk ayam potong, ayam pedaging, Ayam broiler, dan ayam putih.

“Kandang ayam tersebut dapat diatur kelembabannya, sehingga sesuai dengan kebutuhan utk ayam sehingga performa ayam menjadi optimal, semuanya terjaga dan tidak terganggu oleh suhu luar,” kata Wagub.

Selanjutnya ia juga mengatakan kandang closed house ini mempunyai sistem Cooling pad adalah alat yang sangat penting pada kandang closed house apalagi jika kandang tersebut berada di daerah yang memiliki suhu hangat dan disinari oleh sinar matahari.

Sistem itu berfungsi untuk menjaga suhu udara di dalam kandang tetap optimal dan nyaman bagi ayam di dalam kandang sehingga dapat menciptakan suhu yang ideal bagi pertumbuhan ayam.

“Jadi dengan adanya kadang closed house di Nagari Ampang Pulai, ini merupakan hal yang luar biasa yang dibuat oleh pak H. Akmal karena kandang ini adalah merupakan salah satu kandang ayam pedaging yang moderen,” ungkap Wagub

Menurut informasi dari Pak H. Akmal kadang ayam yang pertama dibangun sudah memiliki kapasiatas 50 ribu ekor ayam yang dibuat bertingkat, dibawah ada 25 ribu dan ditasnya 25 ribu.

“Dengan adanya kandang ke dua ini, semoga mampu menciptakan kadang ayam untuk meningkatkan ekonomi untuk masyarakat sekitar yang akan membantu menumbuhkan pergerakan ekonomi di kabupaten Pesisir Selatan,” harap Wagub.

(Biro Humas Setda Prov Sumbar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.