Wagub Nasrul Abit: Di Sumbar Empat Pilar Kebangsaan di Landasi ABS-SBK

oleh -
Empat Pilar kebangsaan itu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika

Semangatnews Sumbar-Wagub Sumbar Drs. H. Nasrul Abit Dt. Malintang Panai membuka Seminar 4 pilar kebangsaan untuk penguatan karakter Minangkabau di Auditorium Gubernuran Sabtu,(25/11/2017).

Seminar ini merupakan kerjasama dengan Gebu Minang Sumatera Barat dengan forum Musyawarah Guru mata pelajaran PPKN, SMP/SMA/SMK Sumatera Barat. Hadir dalam kesempatan itu anggota DPD RI Ema Yohana, Kadis Pendidikan Provinsi, Ketua LKAAM Sumbar dan para guru bidang studi PPKN SMP, SMK, SMA se Sumatera Barat.

Baca Juga:  Gubernur Mahyeldi Lantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Solok dan Solok Selatan Hari Ini

“Empat Pilar kebangsaan itu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI. Selaku orang minangkabau yang berlandaskan azas adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah yang di artikan bahwa adat di minangkabau di buat untuk mengatur tata prilaku atau adab pergaulan sehari-hari yang selalu berpedoman kepada Al Quran sebagai wahyu yang diturunkan oleh Allah SWT karena kecintaan-Nya kepada hamba-Nya,” ujar Nasrul Abit.

Baca Juga:  Menpora RI Zainudin Amali Dukung Program ISORI,Grand Design Olahraga Nasional

Wagub juga menegaskan, nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945 diantaranya nilai demokrasi yang mengandung makna bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat, setiap warga negara memiliki kebebasan yang bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pemerintahan mencakup segala aspek berbangsa dan bernegara yang di sesuaikan dengan kondisi budaya masyarakat Indonesia saat ini.

“Minangkabau mempunyai generasi penerus yang merupakan parik paga dalam nagari yang berarti generasi yang berada dalam garis depan untuk menyelesaikan berbagai masalah di dalam nagarinya, dan tidak hanya menjadi garis depan akan tetapi generasi penerus atau pemuda/pemudi nagari juga menjadi tembok sekaligus benteng pertahanan,” imbuh Nasrul Abit lagi.