Wagub Sumbar Ajak Masyarakat Selalu Lakukan Gerakan Peduli Sehat

by -

Wagub Sumbar Ajak Masyarakat Selalu Lakukan Gerakan Peduli Sehat

Semangatnews, Padang – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 tingkat Provinsi yang ke 55, Rabu pagi (6/11/2019) di Halaman Kantor Gubernur, mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. Nasrul hadir didampingi istrinya, Wartawati Nasrul Abit.

Wagub Sumbar mengajak masyarakat agar memiliki budaya peduli sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif.

“Pada momentum HKN ini, marilah kita wujudkan kesehatan dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan tempat kerja untuk melakukan gerakan peduli sehat, sebab kalau kita sehat, maka pikiranpun menjadi sehat, tentunya akan menjadi bangsa yang produktif, penuh dengan inovasi yang membangun,” kata Wagub Sumbar.

Selanjutnya Wagub Nasrul Abit berharap adanya kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dari mulai tingkat pertama sampai mendapatkan pelayanan obat maupun tindakan medis yang berat di rumah sakit.

“Tentunya dengan kenaikan BPJS ini, pelayanan kesehatan di rumah sakit bisa lebih ditingkatkan lagi dan bisa tepat sasaran,” ucapnya.

Lebih lanjut Wagub Sumbar mengucapkan selamat merayakan Hari Kesehatan Nasional yang ke 55. “Tingkatkan integritas dalam melayani kesehatan masyarakat demi Sumbar Sehat dan Sumbar unggul,” tuturnya.

Melayani masyarakat lewat pelayanan berupa deteksi dini penyakit Tidak Menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bersih-bersih di tempat umum dan senam bersama, diharapkan masyarakat semakin sadar untuk hidup berperilaku bersih dan sehat (PHBS) dan senantiasa melaksanakan Germas.

“Pemerintah akan mendorong terus agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sumbar dilakukan optimal,” imbuh Nasrul.

Usai senam sehat kegiatan HKN, Wagub Sumbar bersama Kepala Dinas Kesehatan Sumbar dan para pejabat di lingkup Pemprov Sumbar mengunjungi stan kesehatan. Pada kesempatan tersebut Nasrul Abit langsung cek kesehatan. Yang hasilnya Wagub Sumbar masih sehat, dikarenakan sering olahraga, walaupun hanya 30 menit tiap hari dan dilanjutkan konsumsi makanan yang bergizi. (Nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.