Wagub Sumbar : Lestarikan Seni Budaya Sebagai Media Tradisional

by -

Wagub Sumbar : Lestarikan Seni Budaya Sebagai Media Tradisional

Semangatnews, Padang – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Barat menggelar Seleksi Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019, di Auditorium Gubernuran, Senin (23/9/2019).

Acara Seleksi Media Tradisional Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019 dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yeflin Luandri, M.Si, Forum Komunikasi Media Tradisional beberapa daerah, Dewan juri dan peserta Media Tradisional.

Kegiatan tersebut ditutup oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit yang mengatakan, ajang pemilihan media tradisional terbaik ini sangat bagus, sebab media tradisional ini digunakan masyarakat menyampaikan pesan-pesan ditengah masyarakat. Pesan tersebut disampaikan melalui seni dan budaya, seperti randai, tari dan kesenian rakyat lainnya.

“Masyarakat biasanya lebih cepat menangkap pesan yang disajikan melalui tradisi dan kesenian, deperti pertunjukan randai, tari dan sebagainya,” kata Wagub Sumbar.

“Pesan tersampaikan, wargapun terhibur melalui kesenian daerah, maka dari itu kami sangat mendukung kegiatan media tradisional,” ucapnya.

Selain memberikan pesan moral kepada publik melalui hiburan dan gerak tari, sekaligus menjaga kelestarian seni budaya Minangkabau. Dia juga mengakui Media Tradisionil memegang peran yang sangat penting dalam menggalakkan kesenian tradisionil dimasyarakat, sebab ranah minang memiliki banyak kesenian yang perlu dikembangkan kembali.

Selanjutnya NasrulAbit berharap digelarnya seleksi media tradisional ini akan dapat memotivasi pelaku seni di daerah untuk kembali menghidupkan dan memasyarakatkan kesenian tradisional ditengah masyarakat, sekaligus menjaga kesenian tradisional Minangkabau tetap terkenal dimata dunia.

“Untuk itu saya mengajak seluruh peserta untuk kembali menghidupkan kesenian tradisional yang ada didaerah, sebab saat ini generasi muda banyak dipengaruhi budaya luar tapi semua itu perlu mendapat perhatian semua pihak agar budaya ranah minang kembali membudaya dan dicintai generasi muda,” harap Nasrul Abit

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah media tradisional terbaik. Dengan terpilih Kota Bukittinggi sebagai media tradisional terbaik pertama. Disusul Kota Padang Panjang, terbaik kedua dan terbaik ketiganya Kota Padang.

Pada kesempatan tersebut, Nasrul Abit mengucapkan selamat kepada terpilih.

“Semoga para pemenang dapat terus menjaga kelestarian budaya Minangkabau,” tutupnya. #nov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.