Wako Fadly Amran Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung NICU

by -

SEMANGATNEWS.COM, PADANG PANJANG – Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano lakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung NICU (Neonatal Intensive Care Unit) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padang Panjang, Kamis (11/4).

NICU merupakan ruangan bagi bayi baru lahir yang memerlukan perawatan khusus. Pembangunan NICU berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang didapat Pemko melalui Pemerintah Pusat. Pagu anggaran Rp4 miliar, bangunannya ditargetkan rampung dalam kurun waktu 120 hari kerja tepatnya 26 November.

Wako Fadly menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat. Menurutnya, meraih bantuan pusat bukanlah hal yang mudah. Dirinya berharap OPD lain dapat berupaya meraih DAK untuk Padang Panjang.

“Pembangunan ini untuk kemaslahatan masyarakat. Waktu pendek, efektifkan waktu pengerjaannya. Kebut di bulan pertama. Jika ada kendala, kami bersedia untuk diajak konsultasi,” sebutnya kepada pelaksana, CV Niko Kurnia.

Wako tegaskan agar semua pihak bergerak cepat untuk penyelesaian pembangunan Gedung NICU RSUD Padang Panjang.

“Semua pihak yang terlibat, agar segera penuhi semua perlengkapan yang dibutuhkan ruang NICU sesegera mungkin,” katanya.

Kepala Dinkes Sumbar, dr. Lila Yanwar, MARS mengatakan, NICU yang dikembangkan RSUD Kota Padang Panjang menuju standar rumah sakit yang belum banyak dimiliki rumah sakit lain di Sumbar.

“Dengan adanya NICU merupakan kemajuan besar. Kita harapkan makin meningkat layanan di RSUD. Hanya di RSUD Padang Panjang yang ada 4 dokter anak di Sumbar,” ujarnya.

Lebih lanjut Lila menekankan pentingnya RSUD menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) pada 2023. Ia juga meminta RSUD mengembangkan Layanan Kesehatan Tradisional. Saat ini hal itu turut menjadi perhatian penting bagi pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi.

Sementara itu, Plt. Direktur, dr. Yuhisdiarman, Sp.THT, KL menuturkan, NICU merupakan ruangan yang terintegrasi dengan ruangan lain. Memiliki luas keseluruhan 24 x 16 meter persegi, tiga lantai. Keterbatasan anggaran, NICU diselesaikan lebih awal. “Harapannya bisa dianggarkan melalui APBD untuk pembangunan keseluruhan,” ungkapnya.

Tampak hadir, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Ketua TP-PKK, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, SE, M.Si, unsur dari Kejaksaan, jajaran pejabat Pemko dan undangan lainnya. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.