Wako Mahyeldi Tinjau Bantuan APD RSUD Rasidin

by -

Wako Mahyeldi Tinjau Bantuan  APD RSUD Rasidin

Semangatnews, Padang – Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Rabu (8/4/2020) meninjau kesiapan RSUD dr. Rasidin yang telah dijadikan sebagai rumah sakit khusus penanganan pasien virus corona atau covid-19 di Kota Padang.

Dalam kesempatan itu wali kota juga menyaksikan penerimaan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 450 pcs bagi rumah sakit setempat sebagai tambahan perlengkapan keperluan APD bagi rumah sakit plat merah tersebut.

Wali Kota Mahyeldi mengatakan, sejak dijadikannya RSUD dr. Rasidin sementara waktu menjadi rumah sakit khusus menangani kasus covid-19, tentu harus dipastikan kebutuhan, kelengkapan dan segala sesuatunya terutama APD.

“Sehingga dengan itu, diharapkan semuanya dapat berjalan optimal dan sesuai harapan tentunya,” ujar wako.

Dalam peninjauan tersebut Mahyeldi pun tak hanya mencek kesiapan APD juga memeriksa sarana dan prasarana yang berkaitan dengan alur penanganan kasus covid-19 di RSUD dr. Rasidin tersebut.

Sementara itu, Dirut RSUD dr. Rasidin Herlin Sridiani menyebutkan, saat ini pihaknya sedang proses persiapan menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dalam penanganan covid-19.

“Mulai dari sarana prasarana, ruang inap dan APD serta tenaga medis yang harus kita lengkapi. Sebab, sebagai rumah sakit khusus penanganan covid-19 tentu semua harus terpenuhi standar-standarnya,” terangnya.

Herlin pun mengungkapkan pihaknya bertekad dan memiliki prinsip agar jangan sampai ada satu pun tenaga di RSUD dr. Rasidin yang tertular wabah covid-19. Sejumlah tahapan-tahapan pun telah dilalui guna menyiapkan RSUD dr. Rasidin dalam penanganan kasus covid-19 di Kota Padang,termasuk menginapkan tenaga medisnya di sebuah hotel di siteba

“Diantaranya mulai dari melakukan sosialisasi internal dan eksternal, serta upaya lainnya terutama tenaga media seperti dokter serta tenaga medis yang akan menangani pasien covid-19,” jelasnya.

“Kita sangat membutuhkan APD yang cukup banyak. Alhamdulillah pada hari ini telah kita terima bantuan dari BNPB sebanyak 450 pcs APD berupa Baju hazmat (anti virus) dan masker bedah untuk pasien,” tambahnya lagi.

Disebutkan Herlin, dengan 4 unit layanan dan IGD yang dimiliki RSUD dr. Rasidin, dalam menangani kasus covid-19 tentu menjadikan kebutuhan APD lengkap minimal 150 buah per hari.

“Jadi kita dari pihak rumah sakit mengharapkan bantuan APD dari siapapun karena kebutuhan kita cukup banyak terkait APD ini. Bantuan APD yang kita terima pun juga kita seleksi kelayakannya sesuai standar yang ditentukan,” pungkasnya.

Juga hadir dikesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis.(David/Rengga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.