Walikota Riza Tinjau Hasil Bedah Rumah Yang Menjadi Program Terbaik Nasional.

by -

Semangatnews Payakumbuh – Meski terletak jauh disudut hamparan sawah, tak menyurutkan langkah Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menemui Amri dirumahnya. Nama terakhir adalah warga Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lamposi Tigo Nagori yang menerima bantuan bedah rumah yang diinisiasi oleh Walikota melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.

Melewati pematang sawah yang becek karena hujan, rombongan walikota disambut dengan ramah oleh pemilik rumah beserta keluarga. Amri, lelaki paruh baya yang tidak pernah mengenyam bangku pendidikan ini langsung mengucap syukur dan terima kasih kepada walikota.

“Alhamdulillah, terima kasih pak, sudah dibantu dibuatkan rumah,” ujar Amri sedikit terbata sesaat setelah menjabat tangan Walikota Payakumbuh.

Bersama istri dan dua anaknya, Amri mengaku sangat bersyukur, karena selama ini tinggal dirumah (baca: gubuk) kayu yang sudah tua dan lapuk. “Kami sudah tinggal kurang lebih 17 tahun disini pak, bahkan dua anak kami lahir dirumah lama ini,” ujar Amri dan istri.

Menanggapi itu, Walikota Payakumbuh mengaku terharu sekaligus mengajak Amri dan keluarga untuk terus bersyukur. Pihaknya juga meminta maaf karena bantuan bedah rumah baru bisa terealisasi pada akhir tahun anggaran 2018 ini.

“Saya mohon maaf, karena baru sekarang bisa membedah rumah pak Amri, sebetulnya pengusulan sudah lama, cuma karena terkendala kepemilikan tanah, maka kita tunggu dulu sampai pengurusan selesai, baru bisa kita bedah,” ungkap Walikota Riza Falepi.

Dikatakan, terlaksananya proses bedah rumah tersebut berkat partisipasi banyak pihak termasuk partisipasi warga setempat. Dirinya berharap kiat demikian bisa membudaya dikalangan masyarakat Kota Payakumbuh.

“Untuk membedah rumah ini kita urunan (baca:sumbangan), ada dari dana taktis kami selaku walikota, dari Baznas, BNI, dan juga masyarakat. Ini yang menarik dari bedah rumah ditempat kita, membagun dengan kebersamaan dan gotong royong, maka tak salah program bedah rumah kita termasuk yang terbaik di nasional. Banyak daerah lain studi banding kedaerah kita,” ucap Walikota sembari mengucapkan terima kasih kepada warga Payakumbuh yang sudah berpartisipasi.

Selama memimpin Payakumbuh, Walikota Riza Falepi telah membedah hampir 2000 rumah warga kurang mampu. Disamping bersumber dari APBD, dana bedah rumah juga berasal dari bantuan pemerintah pusat.

“InsyaAllah tahun 2019 ini kita akan membedah sekitar 300 an rumah tidak layak huni dimana sebanyak 100 rumah dananya bersumber dari APBD. Masing masing akan memperoleh bantuan stimulan sebesar Rp.17,5 juta, dan biasanya total nilai swadaya hingga rumah selesai rata rata menyedot anggaran Rp. 30 juta. Hal inilah yang membuat program bedah rumah kita terbaik nasional,” pungkas Walikota Riza Falepi.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari Pimpinan BNI Payakumbuh kepada Walikota untuk diteruskan kepada Amri senilai Rp. 7 juta untuk kelanjutan pembangunan rumah tersebut. Turut mendampingi Asisten III, Rida Ananda, Kadis Perkim, Marta Minanda, Camat Latina David dan sejumlah perwakilan OPD Kota Payakumbuh. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.