Warga Positif Covid-19 Isolasi Mandiri, Camat Payakumbuh Timur : Perangkat Kelurahan Jangan Panik

oleh -

Semangatnews, Payakumbuh- Setelah dinyatakan positif sebanyak 6 orang di Kecamatan Payakumbuh Timur, dan dinyatakan sembuh satu orang, Camat Irwan Suwandi langsung turun ke lapangan bersama petugas kesehatan untuk melakukan tracking terhadap warga yang pernah kontak dengan 4 pasien positif yang hasil SWABnya keluar pada sabtu, 23 Mei 2020 lalu. Sehingga, besok 27 Mei 2020 lebih dari 30 orang akan melakukan tes SWAB.

Selain melakukan tracking bersama tugas medis, mantan kabid humas Pemko Payakumbuh tersebut juga melakukan cek lokasi untuk isolasi mandiri terhadap dua orang anak yang dinyatakan positif.

“selain mentracking, kami juga melakukan cek lokasi isolasi mandiri terhadap dua orang anak yang positif. Agar mereka menjalani isolasi sesuai dengan SOP,” Ucap Irwan Suwandi, Selasa, 26 Mei 2020.

Selain itu, Irwan Suwandi juga meminta aparatur Kelurahan beserta perangkat kelurahan seperti RT, RW dan LPM agar tidak panik menghadapi masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Sebab, ketika pasien positif tersebut isolasi mandiri, perangkat kelurahan harus memperhatikan kesediaan makan dan keadaan pasien apakah telah menjalani isolasi mandiri sesuai SOP atau belum.

“saat dinyatakan positif dan isolasi mandiri, disitulah tugas kita dimulai. Mulai dari memperhatikan makan sehari – hari, dan juga memperhatikan aktifitas masyarakat agar tidak berkumpul di warung-warung atau di tempat keramaian yang dapat memicu penyebaran Virus ini, ” lanjut Irwan Suwandi.

Hingga saat ini, untuk Kota Payakumbuh tercatat sebanyak 19 orang dinyatakan positif Covid-19. 5 diantaranya telah sembuh.(011)