Yunia Safitri Digugurkan Mendadak, Perserta MTQ Sumbar Kecewa Mengadu Ke Gubernur

by -
Yunia Safitri Peserta Kafilah MTQ Sumbar

Yunia Safitri Digugurkan Mendadak, Perserta MTQ di Sumbar Kecewa Mengadu Ke Gubernur

Semangatnews, Padang – Yunia Safitri pserta kafilah MTQ Sumbar yang berasal dari Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar) kecewa, tersingkir secara mendadak dari daftar peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional 2020. Sehingga Ia tidak bisa mengikut Training Camp (TC) tahap ke 2.

Yunia mengadukan hal tersebut kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (12/10/2020).

Yunia mengatakan dirinya sempat bertanya apa alasan dia tidak masuk daftar untuk ikut ajang MTQ ke XXVIll tahun 2020 yang digelar November mendatang di Sumbar, namun tidak ada jawaban yang jelas dari pihak panitia.

“Biasanya MTQ yang juara satu provinsi langsung di bawa ke tingkat nasional, tapi tiba-tiba mendadak berubah, juara satu tidak dikirim, yang dikirim malah juara 2,” katanya.

Yunia merupakan juara 1 MTQ tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019 cabang tilawah remaja putri. Menurut informasi sebelumnya, yang akan di kirimkan ke tingkat Nasional adalah yang ada namanya dalam daftar TC tahap 2 yaitu tanggal 2 sampai 9 Oktober 2020.

“Jadi nama Yunia hilang karena ada keputusan mendadak atas kesepakatan antara pelatih dan pihak LPTQ, dan penjelasan tersebut didapatkan setelah bertanya pada tgl 10 Oktober 2020,” ujarnya cukup kecewa.

Selama ini selalu yang juara 1, bisa dengan otomatis mewakili Propvinsi dikirim ke Nasional, tapi tidak begitu yang terjadi saat ini. Sementara juara 2 akan menjadi cadangan. Namun saat ini tiba-tiba saja juara 2 yang di SK kan sebagai perwakilan Sumbar dan bukan dirinya.

Dari hasil pertemuan Yunia dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, telah memerintahkan agar Kepala Biro Bina Mental Pemprov Sumbar Syaifullah untuk menindaklanjuti aduan tersebut. Pemprov akan mencari tahu apakah semua prosedur dilakukan sesuai aturan yang ada. Yunia Safitri berharap agar semua penilaian berjalan dengan adil.

“Kata pak Gubernur akan dikaji ulang apa yang terjadi, menelusuri informasi berdasarkan data yang kita berikan,” katanya.

Yunia Safitri merupakan mahasiswa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Ia merupakan juara 1 MTQ Sumbar 2019 cabang tilawah remaja putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.