Yusman Pematung Nasional Urang Awak : Pameran Seni Bertajuk Sosial Peduli Bencana Tanah Air di Gelar di Galeri Kopi Macan Yogyakarta

by -
GKR (Gusti Kanjeng Ratu) Mangkubumi mendapat bingkisan lukisan dari seniman Yogyakarta, disela-sela pembukaan pameran, Jum'at (5/3/2021)

SEMANGATNEWS.COM –  Kegiatan pamera seni bertajuk sosial dilaksanakan pada “GALERI KOPI MACAN”, Studio Yusman Pematung, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Pameran yang dibuka dan diresmikan oleh GKR (Gusti Kanjeng Ratu) Mangkubumi Jumat (5/03/21) kemarin itu dijadwalkan akan berlangsung hingga 18 Maret mendatang sekaligus juga peresmian “Kafe Kopi Macan” Yusman, urang awak asal Sukamenanti, Pasaman, Sumatera Barat.

Berbeda dengan pameran sebelumnya, karya-karya pameran ini dimaksudkan hasil penjualannya akan disumbangkan untuk masyarakat terdampak bencana di di berbagai daerah di Indonesia, ujar Yusman yang dihubungi semangatnews.com, Sabtu (6/03/21) di kediamannya Studio Yusman Pematung, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

Menurut Yusman, Kelahiran Sukamanenati, Pasaman, 12 November 1964 itu, kegiatan pameran ini telah dirancang lebih sebulan lalu, selain merangkul teman-teman seniman yang ada di daerah ini juga dimaksudkan sekaligus membantu korban bencana diberbagai daerah di tanah air melalui penjualan selama pameran dan bazar berlangsung.

Yusman dan GKR (Gusti Kanjeng Ratu) Mangkubumi Jumat (5/03/21) saat pembukaan pameran berlangsung hingga 18 Maret 2021

Alhamdulillah di sela-sela kesibukan rutinitas GKR Mangkubumi, buah perkawinan Hamengkubuwono X dan Ratu Hemas ini masih menyempatkan diri untuk membuka kegiatan pameran sekaligus peresmian Galeri Kopi Macan di Studio Pematung Yusman, Tirtonirmolo, Kasihan Kasihan, Bantul Yogyakarta.

GKR Mangkubumi, mengapreasiasi kegiatan yang difasilitasi oleh Yusman dengan merangkul dan melibatkan seniman Jogjakarta untuk terus berkarya dan berpameran, kemudian peduli  antar sesama manusia yang terkena musibah bencana di berbagai daerah di Tanah Air.

Menurut GKR Mangkubumi sebagaimana disampaikan dan dikutip Yusman, menyebutkan ; “Kita harus bersabar dan menerima keadaan ini, mungkin Tuhan sedang menguji dan mempunyai rencana yang kita tidak tahu  seperti bencana banjur, gunung meletus, pandemoi covid.19 yang telah berlangsung setahun lamanya. Semuanya harus kita sikapi dengan sabar dan tabah selalu, ujar GKR Mangkubumi putri tertua dari lima putri Hamengku Buwono X ini saat pembukaan pameran dan bazar berlangsung.

Pameran yang melibatkan sejumlah sang maestro dan ratusan seniman Jogja ini, diantaranya terdapat nama Kartika Affandi, Edi Sunaryo, Subroto SM, Aming Prayitno, VA Sudiro, Batara Lubis, Suwaji, Risman Marah, Yusman, Totok Buchori, Achmad Masih, Mada Lingga,. Edi Dwiyantoro, Bonardi, Barlian Srikaton, Nur Azizah, Shodik, Dimas N, Budi Utomo, Budiarto, Afit R, Ricon Ibdar, Nyoman Sukari, Alit Sumbodo, Godod Sutejo, Hani Santana, Komraden Haro, Arlan Kamil, Agus Wicaksono,  Yulhendri dan lainnya, ujar Yusman memberi keterangan,

Salah satu lukisan karya Totok Buchori menampilkan potret diri GKR Mangkubumi diserahkan langsung saat pembukaan pameran berlangsung di Studio Yusman Pematung, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. (mh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.