Festival Durian Solok Selatan 2024, Pemerintah dan Masyarakat Makan Durian Bersama

by -
Festival Durian Solok Selatan 2024, Pemerintah dan Masyarakat Makan Durian Bersama
Festival Durian Solok Selatan 2024, Pemerintah dan Masyarakat Makan Durian Bersama

SOLOK SELATAN, SEMANGATNEWS.COM – Puncak pelaksanaan Festival Durian Solok Selatan 2024 dilaksanakan dengan meriah dan penuh suka cita. Jajaran Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama dengan masyarakat bersama-sama menikmati iven tahunan ini.

Hiburan dan doorprize membuat masyarakat betah menghabiskan waktunya di penghujung pekan di kawasan Pulau Mutiara Lubuk Gadang Utara, Sangir ini. Ditambah lagi dengan makan bersama suguhan durian dan lamang serta pembagian ribuan buah durian membuat keriuhan dan keakraban semakin terasa.

Sambil menikmati durian di lokasi acara, masyarakat juga disuguhkan tausiah serta hiburan, sekaligus menjadi ajang halal bihalal pemerintah kabupaten usai lebaran.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan pelaksanaan acara ini menjadi ajang silaturahmi, saling mengunjungi seluruh masyarakat. Pasalnya, tak hanya dikunjungi oleh masyarakat Sangir saja, namun juga pengunjung dari nagari lainnya juga.

“Pelaksanaan kegiatan ini menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Solok Selatan, tak hanya ke tingkat Sumatera Barat namun juga lintas nagari dan kecamatan,” kata Khairunas di lokasi acara, Jumat (19/4/2024).

Tak hanya itu, pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan menjadi pengungkit perekonomian daerah melalui pemberdayaan UMKM. Sebab targetnya, Solok Selatan tak hanya menjadi penghasil buah durian saja, namun juga menghasilkan beberapa produk olahan durian.

Sehingga durian asal kabupaten ini tak hanya dicari dalam bentuk mentah saja, namun juga bisa bersaing di pasar yang lebih luas dan varian produk yang lebih banyak pula melalui hilirisasi.

“Saat ini sudah muncul produk-produk dari hasil program ini, yaitu dodol durian dan permen durian. Produk ini walaupun tidak musim durian namun ektraksi rasa durian nya masih dapat kita nikmati,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berkomitmen untuk melakukan pembinaan untuk dikembangkan lagi, baik dari segi rasa, kemasan produk, promosi, hingga pemasaran produk ini.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan even tahunan ini.

“Apresiasi telah melaksanakan kegiatan ini dengan semangat kebersamaan. Festival ini yang ketiga, apresiasi masyarakat yang ikut berpartisipasi, bisa sukses karena disupport masyarakat,” terangnya.

Zigo Rolanda mendorong nagari lainnya di Solok Sleatan untuk berlomba-lomba mengadakan even serupa. Karena melalui kegiatan ini ekonomi kerakyatan juga akan terbantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.