5 Syarat dan Ketentuan untuk Bisa Klaim Asuransi Perjalanan yang Harus Diketahui

by -
Ilustrasi asuransi perjalanan. (Foto: Dok. Istimewa)
Ilustrasi asuransi perjalanan. (Foto: Dok. Istimewa)

SEMANGATNEWS.COM – Melakukan perjalanan menjadi hal yang sangat penting dan terkadang akan membuat anda bisa lebih fokus mengerjakan banyak hal.

Namun, masih sangat banyak yang tidak mengetahui tentang asuransi perjalanan yang benar-benar dibutuhkan karena akan melindungi Anda dari banyak hal tidak terduga saat traveling.

Buat yang tertarik memilikinya, tentu saja harus mendapatkan informasi mengenai seluk beluk asuransi satu ini, termasuk harga asuransi perjalanan dan ketentuannya.

Setelah memutuskan membeli polis asuransi, tentu saja Anda harus membayar preminya sesuai dengan kesepakatan.

Seperti diketahui, tujuan dan jenis premi asuransi tentu berbeda-beda sesuai polis yang dipilih.

Nah, buat Anda yang tertarik memiliki polis asuransi perjalanan, berikut ini merupakan syarat dan ketentuan agar Anda bisa mengklaim asuransi perjalanan.

Dokumen Wajib yang Harus Anda Miliki

Dokumen wajib yang harus Anda miliki secara umum adalah formulir klaim sesuai dengan apa yang Anda alami dan harus diceritakan dengan sangat detail. Lalu, Anda juga harus melengkapinya dengan boarding pass asli bukan hasil foto ataupun fotocopy.

Harga asuransi perjalanan dan ketentuannya akan membuat Anda semakin mudah dalam menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Setelah dua dokumen di atas, Anda juga harus melengkapi dengan fotokopi tiket itinerary yang sudah Anda pesan dan siapkan mulai dari berangkat ke negara tujuan hingga balik ke indonesia.

Dokumen terakhir yang harus Anda lengkapi adalah fotokopi paspor pada halaman pertama dan juga halaman yang memuat cap imigrasi ketika pulang dan balik ke Indonesia.

Klaim Biaya Medis yang Terjadi Selama Perjalanan dan Ketika di Indonesia

Salah satu hal yang tidak bisa diperkirakan adalah masalah kesehatan, dan hal ini juga dapat terjadi ketika Anda sedang melakukan perjalanan. Tujuan dan jenis premi asuransi akan menjelaskan hal ini kepada Anda dengan sangat lengkap.

Syarat dan ketentuan yang harus anda lengkapi adalah laporan medis dari dokter dengan lengkap, lalu juga melampirkan asli bukti pembayaran, invoice pengobatan, dan salinan resep dari dokter.

Untuk bisa melengkapi formulir klaim, sebaiknya anda menjelaskan kronologi kejadian dengan rinci sehingga mempermudah petugas asuransi yang akan memeriksa dokumen.

Lampirkan juga semua hasil USG ataupun hasil laboratorium. Apabila anda mendapatkan dokumen lain dari pihak rumah sakit, hal ini juga dapat anda lampirkan.

Klaim Asuransi Perjalanan Ketika Terjadi Kerusakan dan Kehilangan Bagasi

Anda juga mendapatkan jaminan dan proses klaim asuransi perjalanan yang mudah ketika mengalami kehilangan bagasi.

Syarat dan ketentuan yang harus Anda lengkapi adalah label bagasi apabila hilang karena maskapai dan Property Irregularity Report atau PIR, lalu terdapat laporan polisi yang berisi tanda kehilangan bagasi dengan waktu maksimal 1 x 24.

Dokumen selanjutnya yang harus Anda miliki adalah keterangan yang berisi bahwa pihak manajemen hotel atau akomodasi bertanggung jawab dalam hal ini.

Semua kartu garansi yang ada juga harus Anda miliki dan harus terdapat rincian barang apa saja yang hilang di dalam bagasi. Tidak lupa untuk melengkapi seluruh kegiatan dengan sangat rinci dan melampirkan dokumen lainnya.

Klaim Asuransi Ketika Terjadi Pencurian Uang dan Penyalahgunaan Kartu Kredit

Kehilangan uang tunai juga dapat terjadi ketika dalam perjalanan, hal ini bisa Anda klaim pada asuransi dengan kelengkapan dokumen seperti laporan resmi dari polisi, laporan kehilangan cek datu agen yang menerbitkan cek tersebut di negara yangs edang Anda kunjungi, lalu bukti penukaran uang yang telah Anda lakukan di money changer.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengalami penyalahgunaan Credit Card (CC), hal ini juga dapat Anda atasi dengan menggunakan asuransi perjalanan.

Dokumen yang dibutuhkan adalah laporan polisi maksimal 1 x 24 jam, laporan yang memuat bahwa adanya pemblokiran CC yang dikeluarkan oleh Bank, tagihan CC, bukti pembayaran CC di hari kejadian, dan dokumen lan jika ada.

Klaim Asuransi Apabila Terdapat Penundaan Perjalanan

Penundaan perjalanan menjadi hal yang bisa membuat rasa kesal ataupun rencana yang harus berubah total, Anda bisa membuat Anda jauh lebih tenang apabila menggunakan asuransi perjalanan.

Dokumen yang harus Anda miliki adalah Surat keterangan resmi dari pihak bersangkutan yang melakukan penundaan, dokumen lain, dan juga boarding pass serta dilengkapi dengan jadwal baru yang sudah pasti.

Informasi di atas berkenaan dengan syarat serta ketentuan yang akan membuat Anda merasa tenang ketika akan melakukan perjalanan dengan asuransi perjalanan. Hal ini akan bermanfaat untuk Anda dan tidak membuat suasana semakin keruh ketika hal-hal buruk terjadi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.