60 Petani dan Penyuluh Ikut Pelatihan Pengolahan Jamur dan Susu

by -

SEMANGATNEWS.COM – Sebanyak 60 petani dan penyuluh Kota Padang Panjang ikuti pelatihan dari Kementerian Pertanian (Kementan) dengan anggota Komisi IV DPR RI, DR. H. Hermanto, SE, MM, Sabtu (11/9) di Aula Balai Benih Ikan (BBI).

Hermanto menyampaikan, tujuan utama ia memberikan pelatihan ini supaya dapat meningkatkan kapasitas, pengetahuan, ilmu dan skill peserta. Sehingga peserta nanti dapat mengartikulasikan informasi yang didapat di pelatihan ini dan dapat dipraktekkan.

Pelatihan kali ini, kata Hermanto, difokuskan kepada pengolahan jamur dan susu. “Hari ini petani dapat ilmu, ke depan tentunya dapat penghasilan. Seperti itu kira-kira yang kita inginkan. Insyaa Allah setelah kami berikan pelatihan ini, ke depan akan kami kunjungi tempat-tempat para peserta. Guna mengetahui apakah ilmu ini sudah diterapkan atau belum. Ini akan kita tinjau selanjutnya,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Perikanan dan Pelaksanaan Penyuluhan Dinas Pangan dan Pertanian, Indra, S.Pi menyebutkan, dari 60 peserta, sembilan orang diikuti oleh penyuluh dan 51 orang petani milenial Padang Panjang.

“Pelatihan ini memiliki tujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Ke depan kita akan pantau dan bimbing semua petani yang telah mendapatkan pelatihan ini,” katanya.

Salah seorang peserta pelatihan menyebutkan, ia merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Selama ini dirinya dan para peserta lainnya belum pernah mengolah jamur. Setelah melakukan pelatihan, baru tahu dan mendapatkan ilmu baru dalam mengolah jamur.

Pelatihan ini berlangsung selama dua hari sejak Jumat (10/9) dan berakhir hari ini yang dibuka Kadis Pangan dan Pertanian Ade Nafrita Anas, SP, MP serta ditutup anggota DPR RI, Hermanto. (Eti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.