9 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia Tahun 2019, Yang Terbaru ada di Sumatera Barat

oleh -

9 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia Tahun 2019, Yang Terbaru ada di Sumatera Barat

SEMANGATNEWS.COM – Indonesia memiliki banyak destinasi wisata keren yang menjadi magnet wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keanekaragaman yang dimiliki negeri ini juga dapat pengakuan dari salah satu badan PBB yang mengurusi masalah pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan yaitu UNESCO.

Dengan ditetapkannya Kota Sawahlunto Sumatera Barat sebagai daftar terakhir warisan dunia oleh Unesco, maka bertambah pula daftar situs warisan dunia di indonesia. Ditetapkannya sebuah tempat, budaya dan benda menjadi situs warisan dunia UNESCO dimaksudkan untuk membantu menjaga dan melestarikan tempat-tempat yang telah ditunjuk agar menjadi warisan manusia dunia.

Berikut rangkuman 9 situs warisan Dunia yang ditetapkan UNISCO di Indoensia sampai tahun 2019.

Kategori Alam

1. Taman Nasional Komodo (1991)
Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Taman Nasional Komodo memiliki luas 1.817 kilometer persegi yang meliputi beberapa pulau, termasuk Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, dan 26 pulau kecil lainnya.

Taman nasional yang didirikan pada tahun 1980 ini menjadi tempat pelestarian komodo sekaligus berbagai hewan lainnya, seperti 32 spesies mamalia,128 spesies burung, 37 spesies reptil serta 253 spesies karang pembentuk terumbu dengan sekitar 1.000 spesies ikan.

2. Taman Nasional Ujung Kulon (1991)
Taman Nasional Ujung Kulon yang ada di Provinsi Banten ini merupakan taman nasional pertama yang diresmikan di Indonesia. Taman nasional seluas 122.956 Ha ini yang mencakup Gunung Krakatau, Pulau Panaitan, dan Pulau Peucang di Selat Sunda. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan satu-satunya tempat untuk melestarikan badak jawa yang keberadaannya sudah semakin langka dan hampir punah.