Alhamdulillah.! Nyiak Api Palupuah Akhirnya Jadi Anggota Dewan

oleh -

Alhamdulillah.! Nyiak Api Palupuah Akhirnya Jadi Anggota Dewan

Semangatnews, Lubuk Basung – Akhirnya Syafril, SE Dt. Rajo Api dilantik jadi anggota DPRD Agam periode 2019-2024. Ini memberikan kebanggan tersendiri bagi warga Nagari Nan Tujuah dan Palupuh Dapil III secara umum. Sosok yang ceria Nyiak Api memberi simpatik yang luar biasa terutama dari kalangam emak-emak yang peduli akan kemajuan dan kesejahteraan usaha masyarakat.

Dan itu terlihat sebanyak 45 calon legislatif terpilih hasil pemilihan umum (Pemilu) 2019 untuk DPRD Agam resmi dilantik menjadi wakil rakyat Kabupaten Agam periode 2019-2024.

Pelantikan dilaksanakan dalam rapat paripurna istimewa di aula utama gedung DPRD Agam di Lubukbasung dengan agenda pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Agam periode 2019-2024.

Prosesi pelantikan itu dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Anggota DPRD Sumbar, Forkopimda Plus Agam, Anggota DPRD, Sekwan, Sekda, KPU, Bawaslu Kepala OPD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Forkopimca dan Walinagari se-Agam, serta tamu undangan lainnya.

Rapat paripurna istimewa dibuka secara resmi Ketua DPRD Agam periode 2014-2019, Marga Indra Putra selaku pimpinan sidang. Dalam pembukaan rapat yang terbuka untuk umum itu, politisi partai Demokrat ini, menyatakan, selama pengabdian anggota dewan periode 2014-2019 telah berusaha melaksanakan kewajiban seoptimal mungkin, menampung aspirasi masyarakat dan melaksanakan aturan sesuai otonomi daerah.

“Selama periode jabatan DPRD periode 2014-2019 telah melakukan pembentukan 20 Perda, pembahasan dan pengawasan anggaran, melakukan rapat internal dewan, rapat dengan mitra OPD dan masyarakat serta kunjungan kerja dan resses menampung aspirasi warga,” sebut Marga.

Dalam sambutannya legislator asal Dapil 1 Agam itu juga menyampaikan, perlu diantisipasi arus globalisasi dan demokratisasi yang akan mempengaruhi sendi dan moral etika bangsa Indonesia, khususnya masyarakat minangkabau yang mengaungkan filsafah ABSSBK.

“Sebagai orang minangkabau kita punya filsafat Adat Basandi Syara Syara Basandi Kitabullah. Syara mangato Adat mamakai, ini diharapkan dapat menjadi benteng dan pegangan diri sebagai ketakwaan kepada Allah,” harapnya.

Dalam momen itu, Ketua DPRD Agam periode 2014-2019 yang kembali duduk sebagai anggota legislatif 2019-2024 mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak, yang telah mendorong terwujudnya suasana kondusif dan demokratis pada Pemilu 2019 hingga prosesi pelantikan hari ini.

Usai dibukanya rapat paripurna istimewa tersebut, Sekwan DPRD Agam Indra membacakan SK pelantikan anggota DPRD periode 2019-2019 oleh Gubernur Sumatera Barat dengan Nomor: 171-610-2019.

Pengambilan sumpah ke 45 anggota DPRD Agam dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Lubukbasung Indra disaksikan ribuan pasang mata yang menghadiri rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Agam itu berlangsung aman lancar dan khidmat.

Sekwan Indra mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses pengucapan sumpah dan pelantikan anggota dprd periode 2019-2024. (rel)