Amalan Sunah yang Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Hari Raya Idul Adha 1442 H

oleh -

SEMANGATNEWS.COM – Pada perayaan Idul Adha 1442 H jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 besok. Dikenal juga dengan hari Raya Kurban atau hari Raya Haji, karena pada hari tersebut kegiatan kurban dan haji dilaksanakan.

Sebagaimana hari raya Idul Adha sebagai salah satu ibadah yang ditunggu oleh para umat muslim, terdapat berbagai amalan-amalan mulai dari sebelum berlangsungnya salat hingga berakhirnya salat bahkan hingga di hari tasyriq.

Baca Juga:  5 Suara Gema Takbir Idul Adha Nonstop 2021 Terbaru Tanpa Iklan

Berikut adalah amalan-amalan yang dilakukan sebelum sholat Idul Adha :

1. Tidak Makan Sebelum Sholat Idul Adha

Pada hari raya Idul Adha, umat Islam diperintahkan untuk menangguhkan makan sebelum berangkat sholat Idul Adha dan baru makan daging kurban setelah sholat Ied.

Diriwayatkan oleh Budairah bahwa Nabi SAW tidak berangkat pada hari Idul Fitri sebelum makan terlebih dahulu dan beliau tidak makan pada waktu Idul Adha kecuali setelah pulang (dari sholat Ied).

2. Mandi Sebelum Berangkat ke Tempat Sholat

Sebelum melakukan sholat Idul Adha, disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Majah, “Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

Baca Juga:  Download MP3 Takbir Idul Adha 2021, Ada Suara Merdu Ustadz Jefri Al Buchori

Nawaytul wusla li’aydil adh-ha sunnatan lillahi taala

Artinya: “Aku berniat mandi untuk menghadiri sholat Idul Adha sunnah karena Allah taala.”

3. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengenakan pakaian terbaik dan memakai wewangian ketika hendak sholat Id. Baik sholat Idul Fitri maupun Idul Adha.

No More Posts Available.

No more pages to load.