ANRI Pusat Berikan Pendampingan E-Arsip SIKD di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Solok

by -

Semangatnews,Payakumbuh-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh laksanakan Kegiatan pendampingan E-Arsip dan Penyerahan Aplikasi Sistim Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), dengan mendatangkan Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dari Jakarta, yang dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh, Jln Soekarno-Hatta no. 175 Kota Payakumbuh, Rabu, (29/8)

Acara ini dihadiri oleh Sutiani, Arsiparis Muda dan Harun Maulana, Pranata Komputer Pertama dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Kepala Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Ir. Zulinda Kamal, yang didampingi juga oleh Sekretarisnya, Dasril,M.Pd beserta Kabid Kearsipan, Syamsir Alam, yang juga diikuti oleh Kabid Kearsipan Nofrizal, S.Pd, MM bersama timnya dari Kabupaten Solok dan seluruh Pejabat dan ASN di lingkungan Lembaga Kearsipan Daerah Kota Payakumbuh dan Dinas Kominfo sebanyak 2 orang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Zulinda Kamal menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan PP Nomor 28 tahun 2012 tentang pelaksana Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009,

“ANRI mendapat amanat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi, sejalan dengan SE Mendagri Nomor 061/9454/SJ tanggal 29 Desember 2017 tentang percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah,” Ucap Kadis Zulinda Kamal.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Dasril menjelaskan, pelatihan ini berguna untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan, baik itu arsip statis maupun dinamis,

“intinya pelatihan dan pendampingan ini untuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis komputer dan jaringan,”terang Sekretaris Dasril.

“Pengelolaan surat di OPD nantinya dapat digunakan aplikasi SIKD ini, dengan menggunakan berbagai media seperti komputer, laptop dan termasuk android, sehingga dapat memudahkan serta mempercepat proses pengelolaan surat menyurat,” pungkas Sekretaris Dasril. (jn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.